GSMA resmi membatalkan penyelenggaraan ajang MWC tahun 2020 ini.
GSMA resmi membatalkan penyelenggaraan ajang MWC tahun 2020 ini.

MWC 2020

MWC 2020 Resmi Dibatalkan

Teknologi teknologi MWC 2020
Lufthi Anggraeni • 13 Februari 2020 07:21
Jakarta: GSMA secara resmi mengumumkan bahwa ajang pameran tahunan Mobile World Congress (MWC) tidak akan terselenggara pada tahun 2020 ini. Acara ini dijadwalkan dihelat pada tanggal 24-27 Februari 2020 mendatang.
 
Keputusan organisasi industri terkait operator jaringan mobile di seluruh dunia ini didorong oleh pembatalan acara pra-MWC dan selama MWC oleh sebagian besar partisipan pameran akibat kekhawatiran tentang penyebaran virus korona selama beberapa minggu terakhir.
 
Pembatalan partisipasi yang dilakukan sebagian besar perusahaan teknologi pada ajang MWC 2020 dinilai GSM Arena bukan hal yang mengejutkan. Namun, langkah yang diambil oleh GSMA sebagai pihak penyelenggara acara ajang tersebut belum pernah terjadi dalam sejarah MWC.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, melalui siaran pers yang dirilisnya, GSMA tetap optimis dan menyebut bahwa ajang MWC tetap akan terselenggara pada tahun 2020 ini. Kini, saat dewan direksi tersadarkan bahwa akibat pembatalan yang dilakukan partisipan, ajang MWC tidak akan memiliki daya tarik yang besar.
 
Hingga saat ini masih belum tersedia informasi terkait penyelenggaraan acara pra-MWC pada tanggal 22 dan 23 Februari mendatang, yang belum mendapatkan konfirmasi menyoal pembatalan saat GSMA mengumumkan keputusannya ini.
 
Secara teknis, tidak satupun dari acara pra-MWC tersebut yang diselenggarakan di ajang pameran besar ini, sehingga masih berpeluang untuk terselenggara, meski keputusan ini berada di tangan perusahaan yang terlibat, termasuk Huawei, Xiaomi, Motorola, dan Oppo.
 
GSMA menyebut masih tetap pada jadwalnya untuk menyelenggarakan ajang MWC 2021 di Barcelona, Spanyol. Kota di negara matador ini telah menjadi tuan rumah untuk ajang pameran perdagangan ini sejak tahun 2006 lalu.
 
Sebagai informasi, LG dan ZTE menjadi perusahaan pertama yang mengonfirmasikan keputusan mereka untuk mundur sebagai partisipan MWC 2020 akibat kekhawatiran menyoal penyebaran virus korona. Keputusan ini diketahui pihak media pada awal bulan Februari lalu.
 
Keputusan mundur dari MWC 2020 ini kemudian diikuti oleh sejumlah perusahaan teknologi lain yang turut berpartisipasi di ajang tersebut, seperti Ericsson, Amazon, Sony, TCL, Intel, MediaTek, Vivo, dan yang terakhir adalah Nokia dan HMD Global.
 
Sebelumnya, GSMA mengumumkan akan melakukan rapat pengambilan keputusan penyelenggaraan MWC 2020 ini pada hari Jumat, 14 Februari 2020 mendatang. Namun tampaknya GSMA tidak menunggu lebih lama untuk memutuskan pembatalan ajang ini.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif