Bakti menyebut ketersediaan sinyal telekomunikasi di wilayah Mandalika NTB sudah mumpuni.
Bakti menyebut ketersediaan sinyal telekomunikasi di wilayah Mandalika NTB sudah mumpuni.

BAKTI: Jaringan Telekomunikasi Mandalika Sudah Prima

Teknologi Kominfo teknologi
Lufthi Anggraeni • 17 September 2021 11:00
Jakarta: Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) mengumumkan ketersediaan sinyal telekomunikasi di wilayah Mandalika, Nusa Tenggara Barat, telah mumpuni, selaras dengan target pemerintah menyediakan jaringan hingga seluruh Tanah Air.
 
Ketersediaan jaringan 4G ini dipasok oleh operator seluler, yaitu Telkomsel, XL, dan operator lainnya. Semua operator seluler ini telah memasok layanan internet 4G dengan menyediakan lebih dari 300 Base Transceiver (BTS) layanan jaringan 3G, dan 393 BTS untuk layanan jaringan internet 4G.
 
Dengan begitu, layanan telekomunikasi dengan kualitas prima di kawasan Mandalika sudah siap jadi tuan rumah event WSBK tahun ini dan MotoGP tahun depan," ujar Direktur Umum BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika, Anang Achmad Latif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anang turut menjelaskan bahwa saat ini, telah tersedia sebanyak 55 BTS di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), dan menegaskan bahwa Bakti tengah dalam proses membangun sebanyak 35 BTS layanan internet 4G di wilayah tersebut.
 
Dari 35 BTS tersebut, sebanyak sembilan BTS akan dibangun di kawasan Mandalika. Selain BTS 4G, Bakti turut mempersiapkan layanan akses internet gratis atau WiFi di 176 lokasi baru, melengkapi 575 titik badak publik yang tersedia di NTB.
 
Layanan WiFi atau yang disebut Bakti sebagai Super WiFi ini akan menggunakan teknologi kabel serat optik, dan memiliki luas jangkauan 500 meter. Anang juga menyebut bahwa sebagian besar jaringan internet Super WiFi ini menggunakan akses langsung dari satelit.
 
Dengan demikian, Bakti akan mempersiapkan sebanyak 751 titik layanan internet gratis di wilayah NTB, diperuntukan bagi layanan publik seperti sekolah, kesehatan, kantor pemerintahan, kantor pos, TNI Polri dan lainnya.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif