Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Ini Tips Memilih Perangkat Penyimpanan Data Sesuai Kebutuhan

Teknologi tips dan trik teknologi hardware western digital
Cahyandaru Kuncorojati • 09 Desember 2021 10:03
Jakarta: Western Digital sebagai produsen perangkat penyimpanan data mengklaim bahwa banyak orang yang tidak menyadari ukuran file digital yang dihasilkan dari PC atau laptop bahkan smartphone semakin besar. Hal ini membuat mereka butuh perangkat penyimpanan data atau storage yang lebih besar.
 
Hasil data Rise Above Research mengklaim di tahun 2021 diperkirakan jumlah foto yang tersimpan baik di driver, PC, smartphone, dan lainnya mencapai 7,88 triliun foto. Angka ini meningkat 13,3 persen dari tahun lalu. Di tahun 2021 angka ini bakal bertambah diperkirakan mencapai 1,61 triliun foto.
 
Hal menarik yang terungkap adalah 90 persen dari foto tersebut dihasilkan dari smartphone. Padahal perangkat tersebut memiliki batasan kapasitas penyimpanan data lebih kecil dari PC desktop maupun laptop.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melihat tren akan kebutuhan penyimpanan file yang semakin besar, perusahaan solusi penyimpanan terdepan Western Digital Corporation (WDC) membagikan panduan cara memilih storage yang tepat untuk berbagai jenis kebutuhan, termasuk berdasarkan kalangannya yaitu mulai dari pekerja profesional, pekerja kreatif, content creator di smartphone, gamer, hingga pelajar.
 
1. Pekerja kreatif
Kalangan ini terdiri dari fotografer, videografer, film maker, desainer grafis, ilustrator dan lainnya. Mereka biasanya mengandalkan aplikasi pengolahan yang tergolong kompleks dan berat serta memiliki ukuran data yang besar. 
 
Di sisi lain, mereka juga bekerja tidak terbatas pada satu perangkat dan kerap bekerja mobile terutama saat harus membagikan file dengan rekan satu tim. Portable SSD bisa menjadi salah satu pilihan.
 
2. Content creator di smartphone
Smartphone masa kini memiliki kemampuan fotografi dan videografi yang sangat mumpuni sebagai modal menciptakan konten kreatif. Namun melihat resolusi foto dan video yang semakin besar maka kapasitas memori internal smartphone semakin tidak cukup.
 
Western Digital menawarkan SanDisk Ultra Drive Luxe untuk pengguna Android dan SanDisk iXpand Flash Drive Luxe bagi perangkat iPhone. Keduanya bisa digunakan sebagai media penyimpanan tambahan bagi perangkat dengan konektor USB-C maupun USB-A.
 
Desain tersebut juga memudahkan proses pemindahan data dari smartphone lain, tablet, dan PC maupun laptop. Di seri SanDisk iXpand Flash Drive Luxe tersedia dua konektor sekaligus yaitu Lightning dan USB-C sehingga proses pemindahan data dari ekosistem Apple ke Android semakin mudah.
 
3. Gamer di PC, konsol, dan mobile gamer
Kegiatan bermain game sangat populer dengan kehadiran konsol generasi terbaru, spesifikasi PC yang meningkat serta game mobile yang kualitasnya semakin mengejar game di dua platform yang disebutkan.
 
Tentu saja semuanya ikut membuat kebutuhan penyimpanan data untuk memasang dan memainkan game ikut bertambah. Micro SD card merupakan salah satu perangkat yang tepat untuk mendukung kebutuhan ini. Untuk pengguna konsol, portable SSD juga bisa menjadi pilihan, ditambah dengan beberapa merek yang sudah menghadirkan produk tersebut untuk segmen gaming. 
 
4. Pekerja profesional
Di era New Normal gaya bekerja fleksibel baik dari rumah maupun cafe semakin diminati. Mereka yang masih harus bergiliran work from office maupun work from home kadang memilih membawa data pekerjaan dari perangkat kantor ke perangkat pribadi untuk bisa dikerjakan di rumah. Storage eksternal, baik HDD maupun SSD, merupakan perangkat yang sesuai untuk mendukung skenario ini.
 
5. Gen Z dan pelajar
Mereka yang masih di bangku sekolah terutama Gen Z masih membutuhkan perangkat penyimpanan data untuk berbagi file. Western Digital menyediakan produk WD Elements SE SSD dan SanDisk Ultra Dual Drive Go yang memiliki ukuran ringkas untuk ditaruh di saku. Fitur USB On-the-Go juga membuatnya bisa terhubung langsung lewat lubang port smartphone.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif