Kerja sama PANDI dan Pusinfolahta TNI
Kerja sama PANDI dan Pusinfolahta TNI

PANDI Gandeng Pusinfolahta TNI Gelar Lokakarya Keamanan Domain

Teknologi teknologi internet pandi
Mohammad Mamduh • 20 Maret 2021 12:00
Jakarta: PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) telah memulai kerja sama dengan Pusinfolahta (Pusat Informasi dan Pengolahan Data) TNI (Tentara Nasional Indonesia).
 
Kerja sama ini dimulai melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Tentang Perjanjian Akreditasi Registrar antara PANDI dengan Pusinfolahta TNI pada 10 November 2020 lalu di MABES (Markas Besar) TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia.
 
Dalam rangka kolaborasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PANDI menginisiasi acara lokakarya bertajuk “Workshop Teknis Registrar mil.id” pada Rabu, 17 Maret di Santika Hotel TMII (Taman Mini Indonesia Indah), Cipayung, Jakarta Timur.
 
“Acara ini adalah kelanjutan dari acara sebelumnya di bulan november 2020. Dengan diadakannya lokakarya ini diharapkan bisa meningkatkan layanan pendaftaran nama domain yang dikelola oleh pandi dan Pusinfolahta TNI,” tutur Ketua PANDI, Yudho Giri Sucahyo saat pembukaan
 
Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua Dewan Pengurus AR (Administrasi Registri) PANDI Teddy A. Purwadi. dan Wakil Ketua Dewan Pengurus KAO (Keuangan, Keanggotaan dan Keoragnisasian), Azhar Hasyim. Turut Hadir CRO (Chief Registry Officer) , Shidiq Purnama, Deputi PANDI, serta jajaran staf teknis PANDI.
 
PANDI telah mengemban amanat administrasi nama domain .id sejak 29 Juni 2007 berdasarkan Catatan Penugasan Administrasi Domain .id no. BA-343 / DJAT / MKOMINFO / 6 / 2007 dari Direktorat Jenderal Aptel (Aplikasi dan Telekomunikasi) Kominfo.
 
Pada 2014, PANDI ditetapkan sebagai Registri Nama Domain Tingkat Tinggi Kode Negara Indonesia (.ID) berdasarkan Keputusan Menteri Kominfo Republik Indonesia No. 806 tahun 2014 tentang Penetapan Perkumpulan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia sebagai Registri Nama Domain Tingkat Tinggi Indonesia.
 
Registri nama domain adalah penyelenggara yang bertanggung jawab dalam melakukan pengelolaan, pengoperasian, dan pemeliharaan Penyelenggaraan Sistem Elektronik Nama Domain.
 
PANDI berbadan hukum perkumpulan nirlaba yang terdiri dari individu-individu dari internet multi-stakeholder Indonesia. Untuk menjalankan Registri nama domain .ID, setiap empat tahun anggota PANDI memilih Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas melalui Rapat Umum Anggota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif