Asus ROG Phone 3.
Asus ROG Phone 3.

Dijual Resmi, IMEI Asus ROG Phone 3 Justru Diblokir, Kenapa?

Teknologi teknologi asus hardware asus rog
Cahyandaru Kuncorojati • 08 Oktober 2020 11:37
Jakarta: Penerapan pemberantasan smartphone ilegal atau BM (Black Market) masih memiliki kekurangan. Smartphone gaming Asus ROG Phone 3 yang diluncurkan dan dijual resmi di Indonesia sejak bulan lalu dikabarkan ikut terkena blokir IMEI.
 
Di media sosial beredar kabar bahwa sebagian pengguna Asus ROG Phone 3 yang dibeli resmi justru kedapatan fitur SIM 2 justru tidak berfungsi alias seperti diblokir. Hal ini ditandai lewat notifikasi yang muncul di layar.
 
Saat kartu SIM dipasangkan ke slot SIM 2 maka muncul notifikasi "SIM 2 not allowed" dan kartu SIM yang terpasang tidak mendapatkan sinyal padahal di perangkat smartphone lain berfungsi normal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Head of PR Asus Indonesia, Muhammad Firman mengakui bahwa kondisi ini benar terjadi pada sebagian pengguna Asus ROG Phone 3 namun akar masalahnya tidak di Asus sepenuhnya.
 
"Setelah kita telusuri, sebagian besar permasalahan ini adalah terkait dengan tidak terdaftarnya IMEI2 di sistem CEIR," tulisnya dalam percakapan WhatsApp kepada Medcom.id.
 
"Kami menemukan bahwa hanya IMEI1 saja yang berhasil masuk ke dalam database dan cukup banyak IMEI2 yang tidak masuk ke sana. Kemungkinan besar karena memang database-nya penuh," jelas Firman.
 
Beberapa waktu lalu memang dikabarkan bahwa database di mesin CEIR yang terkait pemblokiran IMEI memang sempat penuh. Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ismail mengatakan pihak kementerian atau lembaga terkait sudah dalam proses pembenahan.
 
"Saat ini kita sedang mengerjakan masalah ini bersama dengan pihak operator dan juga mitra produksi kita di Batam, serta dengan Kemenperin," lanjut Firman.
 
"Untuk pengguna ROG Phone 3 yang terkena dampak atas tidak terdaftarnya IMEI2 mereka di database CEIR, sebagai bentuk tanggung jawab, Asus Indonesia memberikan tambahan garansi 6 bulan untuk mereka," beber Firman.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif