Desain chipset Exynos 990. (Samsung)
Desain chipset Exynos 990. (Samsung)

Chipset Exynos 990 Muncul, Diprediksi Hadir di Samsung Galaxy S11

Teknologi teknologi gadget samsung
Cahyandaru Kuncorojati • 24 Oktober 2019 17:49
Jakarta: Samsung membuat pengumuman terbaru dari divisi bisnis Samsung Foundry yang berfokus ke pengembangan semikonduktor atau chipset. Samsung menyatakan telah menyiapkan chipset terbaru yaitu Exynos 990.
 
Melalui situs resmi Samsung disebutkan bahwa chipset terbarunya diklaim menyajikan performa yang lebih kencang sekaligus dukungan koneksi 5G menggunakan chipset modem buatannya sendiri. Exynos 990 disebutkan menggunakan 5G Exynos Modem 5123. Kedua chipset ini diciptakan dengan fabrikasi 7nm.
 
Chipset 5G Exynos Modem 5123 ini diklaim mampu menawarkan koneksi 5G yang lebih cepat lagi. Samsung mengklaim teknologi ini bisa menyediakan kecepatan downlink atau unduh hingga 5,1Gbps dan dalam koneksi 4G masih bisa menyediakan kecepatan 3Gbps.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Mashable, Exynos 990 akan menjadi pesaing dari chipset buatan Huawei HiSilicon yaitu Kirin 990 dengan fabrikasi yang sama. Dalam informasi spesifikasinya, chipset ini berisi dua core custom CPU, dua Cortex-A76 , dan empat Cortex-A55.
 
Di sisi GPU tertanam ARM Mali-G77 MP11 yang diklaim menggunakan arsitektur baru bernama Valhall. Kemampuan grafis dan efisiensi konsumsi dayanya dijanjikan meningkat 20 persen.
 
Dari klaim ini, banyak pihak yang menduga chipset ini akan digunakan Samsung untuk menawarkan pengalaman mobile gaming tinggi di smartphone terbarunya.
 
Kemampuan lainnya yang juga jadi poin utama dalam pengumuman Exynos 990 adalah kemampuan AI atau kecerdasan buatan berbasis NPU (Neural Processing Unit). Samsung menyatakan bahwa kemampuannya bisa menyediakan dukungan fitur pemindai wajah dan scene detection di kameranya menjadi lebih baik.
 
Terlepas dari kemampuan teknisnya, Exynos 990 bakal mendukung kualitas layar resolusi 4K UHD dengan refresh rate 120Hz. Seperti yang diketahui kemampuan refresh rate ini sudah banyak dipamerkan oleh beberapa merek smartphone gaming.
 
Masuk ke kemampuan kameranya, Exynos 990 membuat standar baru. Chipset ini diklaim bisa mendukung kemampuan lensa hingga resolusi 108MP dan kamera ganda resolusi 24,8MP. Dalam merekam video kameranya juga bisa menghasilkan video resolusi 8K di 30fps.
 
Pihak Samsung menyatakan akan mulai memproduksi chipset Exynos 990 dan modem 5G Exynos 5123 akhir tahun ini. Hal ini mendorong munculnya spekulasi bahwa chipset tersebut akan tersedia di Samsung Galaxy S11.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif