Huawei Mate 30 Pro muncul di Munich, Jerman
Huawei Mate 30 Pro muncul di Munich, Jerman

Apa yang Baru dari Kamera Huawei Mate 30 Pro?

Teknologi huawei mate 30 pro
Mohammad Mamduh • 23 September 2019 07:26
Munich: Huawei akhirnya memperkenalkan seri Mate 30 di Munich, Jerman. Smartphone flagship yang sealu muncul menjelang akhir tahun ini menjanjikan pembaruan dari berbagai aspek.
 
Selain prosesor dan desain bodi, CEO Huawei Consumer Business Group Richard Yu memamerkan konsep kamera baru, yang masih mendukung Leica sebagai partner. Mate 30 dan Mate 30 Pro mengusung desain Halo Ring. Richard menyebut ini terinspirasi dari desain kamera profesional.
 
Dalam presentasinya, ia memperlihatkan bentuk kamera produksi Leica. Desain bingkai kamera melingkar diambil dari bentuk lensa kamera tersebut. Huawei optimistis ini memberikan gambaran ponsel yang punya kemampuan kamera setara kamera profesional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Membedah lebih jauh, Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro sama-sama mengusung empat kamera belakang. Tidak seperti generasi sebelumnya, LED Flash berada di luar bingkai.
 
Apa yang Baru dari Kamera Huawei Mate 30 Pro?
 
Secara komposisi, Huawei Mate 30 Pro memasang kamera Ultra-Wide Cine 40MP, Super Sensing Wide 40MP, dan Telefoto 8MP. Satu lensa lagi untuk sensor kedalaman 3D. Lensa pertama berukuran 18mm dengan bukaan f/1.8. Lensa kedua beukuran 27mm bukaan f/1.6 dan mendukung OIS.
 
Lensa telefoto berukuran 80mm bukaan f/2.4 juga mendukung OIS. Jika melihat penamaan fitrunya, dua lensa pertama 40MP sama-sama mengsung kata ‘Wide’. Istlah ini identik dengan kemampuan kamera menangkap sudut pandang lebih lebar.
 
Huawei mengklaim lensa Ultra-Wide Cine mendukung kemampuan merekam video dengan sudut pandang yang sama luasnya saat mengambil foto dengan sudut pandang yang sama.
 
Ditambah lagi, ia bisa menginput efek bokeh langsung saat perekaman berlangsung. Ini membuat pengguna tidak perlu mengolah video lebih lanjut demi memberikan efek bokeh pada satu video.
 
Dengan lensa ini, Huawei mengklaim jadi yang pertama memperkenalkan ponsel dengan kamera khusus videografi. Mate 30 Pro mendukung perekaman video 4K pada kecepatan 60fps dan ISO 51200.
 
Apa yang Baru dari Kamera Huawei Mate 30 Pro?
 
Untuk Gerakan lambat, ponsel ini mampu menampilkan gerakan pada 7680fps. Kecepatan frame per detik ini menjadi yang tertinggi untuk smartphone saat ini.
 
Dalam presentasinya juga, Richard memamerkan kamera Huawei Mate 30 Pro mendukung ISO 409600. “Ini mengalahkan kemampuan kamera ponsel pada umumnya, biasanya ISO 6000.”
 
Beberapa contoh foto yang dipamerkan menunjukkan Mate 30 Pro dapat mengambil foto dalam kondisi tidak ada cahaya sekalipun yang bisa ditangkap kamera ponse pada umumnya.
 
Hardware lainnya yang diklai membuat kamera lebih canggih adalah penggunaan sensor RYYB dan RGGB. Dari sini, Huawei mengklaim terdapat peningkatan yang bisa menangkap cahaya 137 persen lebih banyak dari iPhone 11. Sensor ini juga memungkinkan perekaman foto makro dari jarak 2,5 cm terhadap objek.
 
Sementara untuk Mate 30, satu lensa Ultra-Wide berkekuatan 16MP ukura 17mm bukaan f/2.2, SuperSensing Wide 40MP ukuran 27mm bukaan f/1.8, dan satu sensor laser untuk fokus. Richard menyebut kamera ini mendukung ISO 204800, tak lupa dengan kemampuan OIS dan AIS.
 
Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro hanya menyediakan satu macam RAM dan memori internal. RAM 8GB dan memori 128GB untuk Mate 30, di harga EUR799 atau setara Rp12 juta. Mate 30 Pro punya RAM 8GB dan memori 256GB, dipatok EUR1099 atau sekitar Rp17 juta. Mate 30 Pro tersedia dalam versi 5G, yang dihargai EUR1199 atau setara Rp18,8 juta.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif