Facebook kembali mengaktifkan fitur Safety Check sebagai respon dari bencana banjir di Jabodetabek.
Facebook kembali mengaktifkan fitur Safety Check sebagai respon dari bencana banjir di Jabodetabek.

Tips & Trik

Periksa Kondisi Keluarga saat Banjir di Facebook Safety Check

Teknologi teknologi facebook tips dan trik teknologi
Lufthi Anggraeni • 02 Januari 2020 15:14
Jakarta: Hujan dengan intensitas tinggi pada malam pergantian tahun 2019 ke 2020 menyebabkan wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya digenangi air banjir. Hingga saat ini air masih menggenangi sejumlah wilayah tersebut.
 
Hal ini menimbulkan kekhawatiran masyarakat terhadap anggota keluarga mereka yang mungkin terdampak oleh bencana banjir. Facebook kembali mengaktifkan fitur Safety Check baru bertajuk The Flooding Across Jakarta Metropolitan Area, untuk pengguna di wilayah Jabodetabek.
 
Fitur ini muncul di bagian atas halaman beranda jejaring sosial tersebut pada hari Rabu, 1 Januari 2020 pukul 08.46 pagi, dan hingga hari Kamis pukul 06.00 pagi ini. Pada halaman Crisis Response, Facebook menyebut bahwa berbagai sumber melaporkan intensitas hujan tinggi menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di halaman khusus Banjir di wilayah Jabodetabek, pengguna Facebook mengunggah foto dan video menampilkan kondisi di wilayah lokasi tinggal mereka.
 
Facebook juga mencatat bahwa wilayah yang terkena dampak banjir di Jakarta meliputi Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Gedong, Jakarta Timur, Kelapa Molek, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, Jalan Bambu Kuning di Cengkareng Barat, dan Jakarta Barat.
 
Tidak hanya banjir, fitur ini juga telah diaktifkan Facebook saat bencana atau kejadian besar di satu area. Fitur ini ditujukan sebagai medium untuk memberikan informasi kepada pengguna Facebook lain bahwa pengguna dalam keadaan aman.
 
Pengguna Facebook dapat mengakses halaman Facebook Crisis Response untuk melaporkan kondisi diri atau memeriksa kondisi kerabat. Halaman ini didukung opsi Friends in area di sisi kiri dan All untuk menampilkan daftar teman di lokasi terdampak bencana.
 
Jika pengguna telah melaporkan diri, maka di bawah nama pengguna akan terdapat keterangan bahwa mereka dalam aman kondisi aman dengan warna hijau. Namun jika rekan dan keluarga belum melaporkan, pengguna dapat menekan tombol Ask if Safe yang tersemat di sebelah nama rekan dan keluarga.
 
Dan jika pengguna melaporkan bahwa kondisi diri tidak aman, Facebook Safety Check juga menampilkan pilihan terkait bantuan yang dibutuhkan. Pilihan tersebut termasuk shelter atau tempat pengungsian, makanan, air, pakaian dll.
 
Selain itu, fitur ini juga memberi kesempatan bagi pengguna Facebook untuk menawarkan bantuan. Pengguna dapat mencari respons berdasarkan radius jarak, juga pengguna membutuhkan pertolongan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif