Google Doodle hari ini.
Google Doodle hari ini.

Google Rayakan Ultah Bapak Montase Sergei Eisenstein

Teknologi internet google
Ellavie Ichlasa Amalia • 22 Januari 2018 12:20
Jakarta:Google merayakan ulang tahun Sergei Eisenstein yang ke-120 dengan Doodle. Eisenstein merupakan sutradara film asal Uni Soviet yang dikenal sebagai Bapak Montase, yaitu teknik untuk mengedit video dengan menggabungkan sekumpulan gambar terkait menjadi sebuah video berdurasi panjang.
 
Selain menyutradarai film, Eisenstein juga menulis buku. Dalam dua buku tulisannya -- Film Form dan The Film Sense -- dia menjelaskan tentang pentingnya montase. Dia percaya, proses editing tidak hanya bisa digunakan untuk menguraikan sebuah momen.
 
Dengan menghubungkan sekumpulan video pendek yang saling berhubungan, Eisenstein percaya, hal itu bisa digunakan untuk memanipulasi perasaan penonton.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 1898, Eisenstein terlahir ke dalam keluarga kelas menengah di Riga, Latvia, yang ketika itu merupakan bagian dari Kekaisaran Rusia.
 
Namun, ketika dia masih muda, keluarganya pindah. Pada 1920, Eisenstein pindah ke Moscow dan memulai karirnya di bidang teater di Proletkult, institusi eksperimental untuk seniman di Soviet.
 
Eisenstein kemudian bekerja sebagai desainer untuk Vsevolod Meyerhold. Pada 1923, dia memulai karirnya sebagai ahli teori film dengan menulis The Montage of Attractions. Pada tahun yang sama, Eisenstein membuat film pertamanya, Glumov's Diary.
 
Strike yang dirilis pada 1925 merupakan film panjang pertama dari Eisenstein. Sementara The Battleship Potemkin, yang diluncurkan pada tahun yang sama, mendapatkan pujian dari dunia.
 
Namanya yang dikenal secara internasional memungkinkannya untuk menyutradarai October dan The General Line. Meskipun dipuji oleh kritikus dunia, di dalam negeri, Eisenstein justru mendapatkan kritik dari komunitas film Soviet.
 
Pada musim gugur 1928, Eisenstein meninggalkan Uni Soviet untuk melakukan tur ke Eropa. Tur tersebut bertujuan untuk mendorong Eisenstein dan rekan-rekannya untuk belajar tentang film dengan suara dan memperkenalkan seniman Soviet ke negara-negara Barat.
 
Namun, perjalanan itu juga menjadi kesempatan bagi Eisenstein untuk belajar tentang budaya dan lanskap negara-negara lain dari negara asalnya.
 
Kepergiannya ke Barat membuat industri film Uni Soviet, yang sangat pro pada Stalin, curiga padanya. Dikabarkan, Eisenstein sempat masuk ke rumah sakit jiwa pada 1933 karena depresi.
 
Pada 1934, dia menikah dengan penulis dan pembuat film Pera Atasheva dan setia padanya sampai dia meninggal pada 1948.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif