IPO dengan nilai USD25 miliar secara signifikan lebih tinggi jika dibandingkan dengan valuasi Snapchat terbaru, yaitu senilai USD17,81 miliar. Valuasi ini disimpulkan berdasarkan pendanaan yang diterima Snapchat sebesar USD1,81 miliar pada bulan Mei lalu.
Nilai yang diupayakan Snap Inc ini akan mewakili IPO terbesar yang ditawarkan oleh perusahaan teknologi, menggeser raksasa e-commerce asal Tiongkok yaitu Alibaba Group Holding Ltd. Raksasa e-commerce tersebut menawarkan sahamnya pada tahun 2014 lalu.
Snapchat dilaporkan telah berdiskusi dengan ahli di bidang perbankan terkait pelaksanaan IPO pada akhir tahun ini atau awal tahun 2017. Namun, perusahaan tersebut enggan berkomentar terkait rumor atau spekulasi rencana keuangannya.
Rumor terkait dengan IPO Snapchat muncul bersamaan saat saham perusahaan teknologi seperti Square Inc dan Box Inc diketahui publik. Valuasi Snapchat juga dilaporkan bertumbuh selama beberapa tahun terakhir setelah perusahaan ini menambahkan periklanan dan konten sponsor pada layanan pesan karyanya.
Snapchat juga memperkirakan akan memperoleh keuntungan dari periklanan sebesar USD1 miliar pada tahun 2017. Sementara itu, bocoran dokumen keuangan Snapchat tahun lalu mengungkap, perusahaan ini memperoleh keuntungan di bidang periklanan sebesar USD3,1 juta pada 11 bulan pertama tahun 2014.
Snapchat diperkirakan akan digunakan oleh 58,6 juta pengguna di Amerika Serikat pada akhir tahun 2016. Sementara itu, firma penelitian eMarketer memperkirakan angka tersebut akan meningkat sebesar 13,6 persen menjadi 66,6 juta pada tahun depan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id