Program ini diperkenalkan pada tahun 2014, sebagai salah satu layanan berlangganan dengan program keluarga pertama.
Program ini menawarkan potongan 50 persen tambahan untuk akun Spotify, sehingga pelanggan hanya harus membayar USD14,99 untuk dua akun, USD19,99 untuk tiga akun, USD19,99 untuk empat akun, dan sebagainya.
Untuk keluarga dengan minimal tiga akun, program keluarga Spotify baru ini menawarkan harga lebih murah. Sementara itu, akun tunggal dan ganda akan dibebankan biaya berlangganan yang sama. Dengan penawaran biaya baru ini, keluarga dengan enam akun Spotify akan dapat menghemat USD20 per bulan, sementara biaya lama sebesar USD35.
Program keluarga ini tersedia di seluruh negara operasional Spotify, kecuali Kanada. Namun, Tech Crunch melaporkan, harga yang ditawarkan di masing-masing negara akan berbeda. Pelanggan diperkirakan akan diminta membayar harga setara akun 1.5 Premium, untuk dapat berlangganan program keluarga ini.
Pemangkasan biaya berlangganan untuk program keluarga ini dinilai dipicu oleh peluncuran penawaran serupa yang dilakukan Apple Music. Tindakan ini juga dinilai menjadi strategi Spotify untuk menjaga pelanggan agar tidak beralih ke layanan streaming musik pesaingnya tersebut, akibat persaingan harga yang ketat.
Tidak hanya harga, persaingan antara keduanya juga terlihat pada jumlah pelanggan, dengan Apple Music kini telah memiliki 13 juta pelanggan, sementara Spotify memiliki 30 juta pengguna Premium. Jumlah pelanggan Spotify ini diperolehnya dalam waktu 10 bulan setelah mengumumkan perolehan pelanggan sebesar 20 juta.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News