Ilustrasi: Twilio
Ilustrasi: Twilio

Twilio Luncurkan Platform Interaksi Pelanggan Generasi Terbaru

Mohamad Mamduh • 01 Juni 2025 15:12
Jakarta: Twilio mengumumkan peluncuran platform interaksi pelanggan (Customer Engagement Platform/CEP) generasi terbaru di konferensi Signal 2025. Platform ini dirancang untuk mendukung ekosistem dunia digital berbasis kecerdasan buatan (AI) dan data.
 
Platform baru ini akan berfungsi sebagai lapisan infrastruktur untuk setiap interaksi pelanggan. Platform ini membawa inovasi dalam komunikasi, data, dan AI, yang bertujuan untuk menghadirkan tingkat personalisasi, keamanan, kepatuhan, produktivitas, dan ROI yang lebih baik bagi lebih dari 335.000 akun pelanggan aktif dan lebih dari 10 juta pengembang.
 
CEO Twilio, Khozema Shipchandler, menyatakan bahwa bisnis saat ini membutuhkan infrastruktur yang tepat, termasuk saluran komunikasi untuk terhubung dengan pelanggan, data kontekstual untuk memahami mereka, dan kemampuan untuk mempercepat seluruh proses interaksi pelanggan melalui penggunaan teknologi AI yang andal, fleksibel, dan dapat dipercaya.

Platform Twilio yang baru ini dirancang untuk mendukung komunikasi yang mendorong keterlibatan dan aksi pelanggan. Hal ini dicapai melalui penggabungan seluruh saluran komunikasi yang tersedia, seperti layanan suara, SMS, RCS, email, OTT, dan video, dengan proses autentikasi dan identitas, otomatisasi cerdas, wawasan prediktif, serta antarmuka pemrograman aplikasi (API) profil terpadu yang memanfaatkan data kontekstual dari platform data pelanggan (CDP) Segment.
 
Twilio juga mengumumkan peningkatan kemampuan pada platform data pelanggan (CDP) dan pembaruan signifikan pada Communications Platform as a Service (CPaaS), yang mencakup alat AI percakapan baru, saluran komunikasi tepercaya, dan solusi kepatuhan cerdas.
 
Salah satu fitur baru yang diumumkan adalah ConversationRelay, fitur AI percakapan yang memungkinkan pengembang menciptakan agen suara AI alami dengan menggunakan model bahasa besar (LLM) pilihan mereka. Fitur lain termasuk Conversational Intelligence, yang menganalisis percakapan suara dan teks, mengubahnya menjadi data terstruktur dan wawasan.
 
Twilio juga memperluas saluran komunikasi tepercaya dengan menghadirkan RCS (Rich Communication Services) yang akan tersedia secara umum dalam beberapa bulan ke depan, serta Panggilan WhatsApp Business yang akan tersedia secara umum akhir tahun ini.
 
Selain itu, Twilio juga memperkenalkan Compliance Toolkit untuk membantu bisnis memastikan kepatuhan terhadap regulasi.
 
Platform data pelanggan Segment dari Twilio juga mendapatkan pembaruan besar, termasuk arsitektur Journeys baru di dalam Twilio Engage yang mampu mewujudkan pengalaman pelanggan yang sangat terpersonalisasi secara real time.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan