Brave gunakan AI untuk blokir iklan dan tracker dengan lebih efektif.
Brave gunakan AI untuk blokir iklan dan tracker dengan lebih efektif.

Brave Buat AI yang Bisa Blokir Iklan Lebih Efektif

Teknologi internet
Ellavie Ichlasa Amalia • 28 Mei 2018 12:11
Jakarta:Brave mengembangkan teknologi AI yang disebut AdGraph yang bisa memblokir iklan dengan lebih baik dari teknologi pemblokir iklan yang ada saat ini, ungkap startup itu pada akhir pekan lalu.
 
"Kami bisa melatih model pembelajaran mesin untuk secara otomatis memblokir iklan dan tracker," kata para peneliti dari Brave dan empat universitas dalam sebuah laporan penelitian.
 
"Kami menemukan bahwa AdGraph meniru perilaku filter iklan yang datanya didapat dari masyarakat umum dengan tingkat akurasi 97,7 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain itu, AdGraph juga bisa mendeteksi iklan dan tracker yang tidak terdeteksi oleh daftar filter iklan dalam jumlah yang cukup signifikan."
 
Seperti yang disebutkan oleh CNET, ekstensi pemblokir iklan pada peramban seperti Adblock Plus kini biasanya menggunakan daftar filter iklan yang diperbarui secara manual untuk menentukan komponen iklan dalam sebuah situs.
 
Sementara pendekatan AdGraph menggunakan kecerdasan buatan, yang dilatih dengan situs nyata. Dengan begitu, AI itu bisa melacak iklan dan tracker bahkan sebelum manusia menyadarinya.
 
Pemblokir iklan adalah ancaman besar bagi layanan internet yang menggantungkan diri pada iklan dan memberikan layanannya secara gratis.
 
Namun, iklan online -- yang terkadang bisa mengganggu, menurunkan performa komputer dan ponsel atau bahkan digunakan untuk mengirimkan malware -- popularitasnya mulai menurun.
 
Sekitar 615 juta orang menggunakan pemblokir iklan di komputer dan perangkat mobile, menurut PageFair, perusahaan yang membantu pembuat konten situs untuk menghindari iklannya diblokir agar mereka bisa mendapatkan keuntungan dari iklan.
 
Salah satu pendiri Brave adalah mantan bos Mozilla, Brendan Eich. Brave memblokir iklan dan software yang melacak kebiasaan pengguna.
 
Perusahaan ini ingin merombak industri iklan dengan membuat iklan yang dikustomisasi tapi tidak membocorkan data pribadi seseorang keluar dari peramban.Untuk melakukan itu, Brave harus memiliki sistem efektif untuk memblokir iklan dan tracker.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif