Chipset MediaTek Density 1000.
Chipset MediaTek Density 1000.

Setelah Qualcomm, MediaTek Juga Rilis Chipset 5G

Teknologi teknologi mediatek hardware
Cahyandaru Kuncorojati • 10 Desember 2019 17:06
Jakarta:MediaTek mengumumkan kehadiran chipset 5G bernama Dimensity. Seri keluarga Dimensity diklaim menawarkan kemampuan kecepatan dan kecerdasan di dalamnya yang bisa dioptimalkan oleh teknologi yang membutuhkan koneksi 5G.
 
Chipset pertama dari keluarga ini adalah Dimensity 1000. Dijelaskan bahwa chipset ini merupakan solusi tunggal dengan modem 5G yang terintegrasi serta diciptakan dari teknologi fabrikasi 7nm.
 
"Dimensity kami pilih sebagai nama untuk menunjukkan bagaimana solusi-solusi 5G kami mendorong gelombang-gelombang baru inovasi dan pengalaman. Chip pertama yang kami umumkan, MediaTek Dimensity 1000, memberikan para konsumen sebuah pengalaman mobile yang secara signifikan lebih cepat, lebih cerdas dan luar biasa," jelas President MediaTek, Joe Chen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


MediaTek Dimensity 1000 mendukung dua agregasi carrier 5G (2CC CA) dan menawarkan throughput 4,7Gbps downlink dan 2,5Gbps uplink di jaringan sub-6GHz. Chipset ini dirancang untuk mendukung jaringan sub-6GHz stand alone dan non-stand alone (SA/NSA), dan memiliki dukungan multi-mode untuk semua generasi konektivitas selular mulai dari 2G hingga 5G.
 
Chipset ini juga mengintegrasikan standar Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1+ untuk konektivitas nirkabel, menawarkan throughput lebih dari 1Gbps untuk downlink dan uplink.
 
MediaTek Dimensity 1000 merupakan chip yang menggabungkan empat inti ARM Cortex-A77 yang beroperasi hingga 2,6GHz dengan empat inti ARM Cortex-A55 hemat daya yang beroperasi hingga 2GHz. Digunakan juga GPU Mali-G77 untuk streaming dan game di kecepatan 5G.
 
Chipset ini juga dilengkapi dengan AI Processing Unit terbaru dari MediaTek APU 3.0 dengan lebih dari dua kali kinerja APU generasi sebelumnya. APU ini menghasilkan dorongan kinerja signifikan sebesar 4,5 TOPS.
 
MediaTek Density 1000 direncanakan akan tertanam di jajaran smartphone yang rilis di kuartal pertama tahun 2020. Samsung disebut sebagai salah satu merek yang siap mengadopsi chipset ini.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif