Apple berencana membenamkan modem 5G karyanya di iPhone keluaran tahun 2022.
Apple berencana membenamkan modem 5G karyanya di iPhone keluaran tahun 2022.

Apple Ingin Pasang Modem 5G Mandiri di iPhone 2022

Teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 12 Oktober 2019 12:03
Jakarta: Apple mengakuisisi bisnis modem Intel pada awal tahun 2019 lalu, sebagai upaya mengembangkan komponen hardware tanpa perlu bergantung pada mitra dan pada fase penelitian dan pengembangan mitra.
 
Saat ini masih ada banyak hal yang harus dilakukan Apple hingga mampu menghasilkan komponen karyanya. Namun, salah satu sumber internal yang dikutip GSM Arena menyebut bahwa model 5G karya Apple belum akan tersedia sebelum tahun 2022.
 
Pemasok chipset Apple saat ini adalah Qualcomm, dan manufaktur chip asal San Diego ini menjanjikan untuk menghadirkan modem 5G untuk iPhone keluaran tahun 2020. Namun, mengingat tahun sulit yang dihadapi kedua perusahaan akibat bertarung terkait lisensi dan malpraktek, Apple berencana mengembangkan modem karyanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apple memulai tim riset dan pengembangan miliknya untuk modem dan chip RF, secara kebetulan berkantor di kota di wilayah California yang sama dengan kantor pusat Qualcomm, yaitu San Diego.
 
Sumber ini mengungkap bahwa pada tahun 2022 menjadi tahun yang ditargetkan Apple untuk membenamkan model karyanya di iPhone. Meski produksi perangkat tepat waktu, Apple masih membutuhkan waktu untuk proses pengujian, optimalisasi dan sertifikasi guna memastikan penyesuaian dengan standar global, serta standar FCC.
 
Apple berupaya untuk mengintegrasikan modem 5G pada SoC untuk mengurangi konsumsi daya, meski sumber dari Fast Company menyebut Cupertino akan menciptakan kedua komponen secara terpisah untuk iPhone 2022.
 
Sedangkan platform terintegrasi baru akan tersedia pada tahun 2023, didukung oleh perekrutan mantan VP Engineering Qualcomm Esin Terzioglu. Sebagai perbandingan, Samsung mengumumkan Exynos 980 dengan modem 5G terintegrasi pada bulan Agustus dan tersedia di smartphone karyanya pada akhir tahun.
 
Sementara itu, Huawei telah memasarkan Mate 30 5G dan Mate 30 Pro 5G dengan Kirin 990 5G terintegrasi. Ming-Chi Kuo kembali menyampaikan prediksinya terkait dengan iPhone SE terbaru Apple.
 
Perangkat ini disebutnya akan tersedia pada semester pertama tahun 2020 mendatang, dengan desain berbasis iPhone 8. Kuo memprediksi iPhone SE ini akan hadir dengan layar LCD berukuran 4,7 inci, namun dengan chipset Apple A13 yang dirilis pada tahun 2019 ini.
 
Kuo juga memprediksi bahwa Apple akan menjual sebanyak 30-40 juta unit iPhone SE baru tersebut. Namun, satu hal yang belum dapat dipastikan adalah terkait dengan pembekalan sensor Touch ID versi terjangkau atau modul Face ID lebih mahal pada perangkat ini.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif