Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse memamerkan Mi Mix Alpha.
Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse memamerkan Mi Mix Alpha.

Bos Baru Xiaomi Indonesia: Cegah Hape Gaib dan Bawa Seri Mi

Teknologi teknologi gadget xiaomi
Cahyandaru Kuncorojati • 22 November 2019 10:13
Jakarta: Posisi Country Director Xiaomi Indonesia yang sebelumnya diisi oleh Steven Shi kini digantikan oleh Alvin Tse yang rangkap jabatan sebagai Head of Poco Global. Di bawah kepemimpinan baru, Alvin mengklain Xiaomi bakal semakin berkomitmen membangun pasar Indonesia.
 
Pertama terkait sebutan hape gaib atau yang dirilis tetapi produknya sulit dijumpai di pasar. Alvin mengaku sangat menyadari hal ini. Dia menyebut kepopuleran produk Xiaomi juga turut membuat banyak produk mereka yang tersedia di pasar lokal dalam versi resmi dan non-resmi.
 
"Pertama kami akan terus melakukan edukasi dan peningkatan kapastas produksi dengan mitra yang kami gandeng. Jadi di proses produksi di Batam kami melakukan "ramp up" yang jadinya membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai ke pasar," jelas Alvin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam pross perakitan, dilakukan pengujian pada setip unit atau model. Kami menemukan ada yang defect (gagal). Jadi dari pada barang cepat sampai ke tangan konsumen tapi banyak bermasalah lebih baik sedikit lebih lama tapi kualitasnya terkendali makanya kami lakukan perbaikan dan penggantian di prosesnya," beber Alvin.
 
Dia juga menyebutkan penyebab terjadinya hape ghoib karena proses penjualan online di Indonesia yang rumit. Alvin mengetahui dalam setiap flash sale biasanya konsumen end user kalah cepat dari merchant dan retailer yang ikut melakukan pemesanan.
 
Alvin berjanji akan memperbaikichannel penjualan online dan offline. Dia menyebut akan menambah Mi Store dan Authorized Mi Store. Bahkan dia berencana membentuk tim investigasi yang akan menindak toko yang memasarkan produk Xiaomi dengan harga tinggi akibat efek hape gaib.
 
Alvin juga sempat disinggung mengenai anggapan Xiaomi yang sudah lima tahun belakangan tidak membawa smartphone high-end atau seri Mi ke Indonesia.
 
"Indonesia adalah pasar yang potensial. Ke depannya kami akan berusaha membawa seri Mi ke depannya. Saya sendiri masih baru Oktober bertanggung jawab untuk Indonesia tapi kami berjani," ungkap Alvin.
 
Dia mencontohkan bahwa tidak relevan apabila dirinya yang kini baru menjabat kemudian merilis seri Mi 9 ke Indonesia, padahal produk ini sudah dirilis tujuh sampai delapan bulan yang lalu. Menariknya, beredar kabar Mi Note 10 bakal hadir di Tanah Air.
 
Mi Note 10 dilaporkan sedang dalam proses pemenuhan TKDN. Saat ditanya soal ini Alvin hanya memberikan senyum optimistis dan tidak membantah sama sekali. Dia juga menyebut mungkin saja Xiaomi akan merilis produk baru di Indonesia pada momen Natal tahun ini.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif