Sony mengumumkan daftar perangkat akan menerima update sistem operasi Android 10.
Sony mengumumkan daftar perangkat akan menerima update sistem operasi Android 10.

Sony Umumkan Daftar Ponsel Xperia Penerima Android 10

Teknologi teknologi gadget sony
Lufthi Anggraeni • 16 November 2019 08:20
Jakarta: Butuh beberapa waktu bagi Sony untuk mengonfirmasi tipe ponsel Xperia yang akan menerima update Android 10. Kini Sony mengumumkan daftar perangkat akan menerima update sistem operasi Android terbaru tersebut.
 
Sejumlah perangkat pertama yang akan menerima update ini pada bulan Desember mendatang termasuk smartphone terbaru Sony, yaitu Xperia 1 dan Xperia 4. Sayangnya selain dua perangkat tersebut, tidak ada ponsel lain yang akan menerima update tahun ini.
 
Sony berencana untuk menggulirkan Android 10 kepada enam perangkat Xperia pada tahun 2020. Perangkat yang akan mulai menerima Android 10 termasuk Xperia 10, Xperia 10 Plus, Xperia XZ2, Xperia XZ2 Compact, Xperia XZ2 Premium dan Xperia XZ3.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Sony belum mengumumkan tanggal pasti waktu dimulainya pengguliran update ini serta perangkat yang akan menerima update ini pertama kali. Sony menyebut bahwa update ini akan digulirkan secara bertahap serta waktu dan ketersediaan akan berbeda sesuai pasar dan operator seluler.
 
Perusahaan asal Jepang ini akan menawarkan update Android 10 kepada ponsel Xperia versi tidak bundling, meski tidak ada jaminan bahwa seluruh model dengan paket bundling dengan operator seluler akan menerima update ini.
 
Sebelumnya, selama satu tahun belakangan hingga beberapa bulan lalu Sony terungkap sedang mengerjakan konsol generasi terbaru atau yang disebut sebagai PlayStation 5 (PS5). Kabar ini semakin diperkuat dengan paten sebuah desain konsol yang diduga sebagai PS5.
 
Kemudian, Sony diketahui mendaftarkan paten lain yang anehnya tampak tidak berkaitan dengan PS5 bahkan bukan sebuah konsol. Paten terbaru ini memperlihatkan desain sebuah kaset atau katrid yang akrab digunakan pada konsol lawas seperti Nintendo dan SEGA.
 
Sony mengunggah video teaser untuk sensor terbarunya, IMX686, penerus sensor popular karyanya IMX586 dan merupakan salah satu sensor 48MP pertama. Teaser ini tidak mengungkapkan resolusi baru dari sensor tersebut.
 
Berdasarkan rumor yang beredar terkait ponsel yang akan menggunakan sensor baru ini, diperkirakan akan mengusung resolusi sekitar 60MP hingga 64MP. Namun, teks yang mendampingi unggahan Sony ini mengungkap satu informasi.
 
Informasi tersebut menyebut bahwa Sony IMX686 akan dirilis pada tahun 2020 mendatang. Video ini juga menampilkan foto yang dipotret dengan dukungan sensor ini, namun Sony tidak mengungkapkan hasil foto dengan resolusi penuh.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif