Soal iPhone, Erajaya Minta Konsumen Bersabar
Erajaya sebagai distributor resmi produk Apple di Indonesia masih bungkam terkait kehadiran iPhone baru.
Jakarta: Penantian penggemar smartphone karya Apple di Indonesia untuk memperoleh model terbarunya, yaitu iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR, masih belum dapat ditentukan waktu akhirnya.

Sebab Erajaya sebagai distributor resmi iPhone masih enggan berbagi informasi terkait dengan waktu ponsel cerdas ini menyapa konsumen Indonesia.

Padahal informasi yang beredar menyebut bahwa ketiga ponsel ini telah mendapatkan sertifikasi dari Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI).


“Soal iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR kapan masuk Indonesia? Saya cuma bisa bilang, sabar. Tunggu saja. Semua akan indah pada waktunya,” Direktur Marketing Komunikasi PT Erajaya Swasembada Tbk Djatmiko Wardoyo.

Pria yang akrab dipanggil Koko ini hanya menyebut bahwa proses sertifikasi dan persiapan iPhone untuk masuk ke pasar Indonesia belum selesai dan masih berjalan, sebagai tanggapannya saat disinggung menyoal informasi sertifikasi SDPPI ponsel cerdas Apple ini.

Dalam situs postel, iPhone XS dan XS Max telah mengantongi sertifikasi sejak tanggal Oktober 2018 lalu, dengan nomor registrasi masing-masing 58115/SDPPI/2018 dan 58116/SDPPI/2018.

Sedangkan iPhone XR dengan nomor registrasi 58144/SDPPI/2018 baru mendapatkan sertifikasi pada 5 Oktober 2018.

Secara global, Apple telah memasarkan iPhone XS dan iPhone XS Max secara resmi di 30 negara pada tanggal 21 September lalu, sedangkan iPhone XR dipasarkan pada akhir bulan Oktober lalu.

Saat peluncurannya, Apple mengumumkan banderol harga untuk iPhone XS Max mulai dari USD1.099 (Rp16,02 juta), USD999 (RpRp14,5 juta) untuk iPhone XS, dan iPhone XR senilai USD749 (Rp10,9).



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.