Google hapus beberapa aplikasi tertentu. (Photo by LOIC VENANCE / AFP)
Google hapus beberapa aplikasi tertentu. (Photo by LOIC VENANCE / AFP)

Google Hapus Aplikasi Peminta Izin SMS dan Log Telepon

Teknologi google
Lufthi Anggraeni • 15 Januari 2019 15:46
Jakarta: Google mengumumkan pada tahun lalu akan mengubah kebijakannya terkait aplikasi yang diterbitkan di Play Store. Google mengaku akan menangani permasalahan menyoal akses ke data sensitif dan perizinan secara lebih serius.
 
Selain itu, Google juga menyebut akan menghapus izin yang memungkinkan pengembang untuk merilis aplikasi yang mengharuskan pengguna memberikan akses ke SMS atau daftar panggilan telepon dari Google Play Store.
 
Kini, perusahaan teknologi raksasa ini mengumumkan akan mulai menghapus aplikasi yang meminta akses ke SMS atau daftar panggilan telepon dari Play Store selama beberapa minggu mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aplikasi karya pengembang yang tidak mengirimkan formulir deklarasi menyoal perizinan akan dihapus dari Google Play Store.
 
Jika hal ini terjadi, pengembang memiliki dua pilihan, yaitu dengan mengirimkan versi baru tanpa perizinan tersebut, atau mengirimkan versi baru dari aplikasi bermasalah, namun dengan formulir deklarasi khusus di dalam Play Console.
 
Deklarasi ini akan memberikan pengembang tambahan waktu hingga 9 Maret untuk menghapus perizinan atau menerima persetujuan terkait kasus penggunaan mereka.
 
Langkah ini ditujukan Google untuk menghilangkan kasus aplikasi meminta izin akses ke SMS dan daftar panggilan telepon untuk dapat menikmati pengalaman tanpa memerlukan level akses ini.
 
Kebijakan baru ini akan membatasi akses pengembang terkait izin ke SMS dan daftar telepon, dan mengembangkan pengendalian pengguna terhadap data mereka.
 
Sebelumnya, Google mengumumkan sistem pesan Rich Communication Services (RCS) akan tersedia pada ponsel yang dirancang untuk Google Fi, dan akan diaktifkan secara otomatis. Sistem ini memungkinkan pengguna mengirimkan pesan sebanyak 8.000 karakter.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif