facebook (Photo by JOEL SAGET AFP).jpg
facebook (Photo by JOEL SAGET AFP).jpg

Spammer Penyebab Data 30 Juta Pengguna Facebook Bocor?

Teknologi media sosial facebook
Ellavie Ichlasa Amalia • 18 Oktober 2018 17:07
Jakarta:Lebih dari dua minggu sejak Facebook mengumumkan bahwa sistem mereka telah diretas, masih belum diketahui siapa pelaku di balik serangan tersebut.
 
Sekarang, Wall Street Journal melaporkan, berdasarkan narasumber anonim, Facebook percaya bahwa dalang di balik kebocoran data dari puluhan juta pengguna Facebook adalah para spammer yang ingin mendapatkan uang dari iklan yang menipu.
 
Pada awalnya, Facebook mengaku bahwa ada 50 juta pengguna yang datanya bocor. Kemudian, Facebook meralat informasi tersebut, mengatakan bahwa jumlah pengguna yang datanya terpengaruh hanya mencapai 30 juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


WSJ kini melaporkan bahwa orang-orang yang menyebabkan kebocoran data ini adalah spammer di Facebook dan Instagram, yang mengaku mereka menjalankan perusahaan marketing digital, lapor Engadget.
 
Beberapa tahun belakangan, memang sulit untuk membedakan hoaks yang disebarkan oleh agen sebuah negara, misinformasi yang diberikan perusahaan analisis yang tidak kredibel dan spammer yang ingin menjadi terkenal.
 
Karena itu, masih belum diketahui siapa yang diuntungkan dari kebocoran data dari puluhan juta pengguna Facebook ini.
 
Pada hari Jumat lalu, VP Facebook Guy Rosen mengatakan bahwa perusahaan merasa, peretasan ini tidak ada hubungannya dengan pemilu paruh waktu.
 
Dia juga menyebutkan bahwa Facebook bekerja sama dengan FBI untuk menyelidiki terkait masalah ini. Namun, mereka tidak menjelaskan siapa yang mungkin menjadi pelaku di balik serangan ini.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif