Sesi Pemotongan Pita Peresmian Gedung SIRCLO Studio
Sesi Pemotongan Pita Peresmian Gedung SIRCLO Studio

Live Shopping Jadi Tren Belanja Online, Peluang Besar untuk Merek

Mohammad Mamduh • 11 Juli 2023 10:56
Jakarta: Tren pemasaran dan pola belanja konsumen di Indonesia terus berkembang dengan munculnya berbagai metode penjualan inovatif yang dilakukan oleh para pemilik merek. Salah satu metode yang kini mendapatkan popularitas tinggi adalah live commerce atau penjualan produk secara daring melalui sarana penyiaran langsung (live streaming).
 
Pembeli dapat berinteraksi dengan penjual secara real-time. Metode penjualan ini mendapatkan daya tarik yang kuat di kalangan masyarakat Indonesia melalui kemudahan akses serta beragam penawaran menarik.
 
Dengan pertumbuhan yang pesat dan tingginya minat masyarakat, live commerce telah menjadi bagian integral dari lanskap belanja di Indonesia, membuka peluang baru bagi pemilik merek untuk memperluas jangkauan pasar dan memperkuat hubungan dengan konsumen. Gagasan tersebut didukung oleh data dari Jakpat yang menunjukkan bahwa terdapat 83,7% masyarakat Indonesia pernah menonton live shopping.
 
Dalam misi memanfaatkan potensi pasar besar ini, Sirclo kini menghadirkan layanan live commerce demi mendukung pemilik merek dalam mengaktivasi pemasarannya di platform TikTok Shop.

Di antara sejumlah deretan marketplace yang menyediakan fitur live commerce, TikTok telah berhasil mencapai posisi yang unggul dalam kategori ini. Meraih peringkat kedua dengan jumlah pengguna TikTok terbanyak dunia, platform ini terbukti sangat diminati oleh masyarakat Indonesia dengan pengalaman berbelanja interaktif dan hiburan yang menyenangkan dalam satu platform sekaligus.
 
Melalui layanan live commerce dari Sirclo, pemilik merek dapat memanfaatkan TikTok Shop sebagai saluran yang efektif untuk menjalankan kampanye penjualan yang interaktif, memperluas jangkauan pasar produk dan membangun presensi yang kuat di dalam platform tersebut.
 
Danang Cahyono, CEO Enterprise Solutions Sirclo mengatakan, pengembangan layanan yang kami persembahkan melalui live commerce merupakan dampak dari meningkatnya permintaan dan perubahan perilaku konsumen yang signifikan selama setahun terakhir.
 
"Oleh karena itu, kami tidak ingin melewatkan kesempatan untuk memudahkan pemilik merek dalam memanfaatkan peluang besar ini, guna memperluas jangkauan pasar mereka dan mencapai kesuksesan yang lebih besar.”
 
Live commerce merupakan solusi komprehensif yang menjawab berbagai tantangan yang dihadapi oleh pemilik merek dalam meningkatkan eksistensi mereka di kanal social commerce yang berbasis video vertikal. Dengan demikian, pemilik merek dapat memanfaatkan serta menjadikan live commerce sebagai kanal penjualan yang sangat potensial dan efektif.
 
Selain menyediakan layanan produksi live commerce streaming yang memungkinkan pemilik merek untuk menjual secara langsung, Sirclo turut menawarkan layanan pembuatan video singkat yang dikhususkan untuk kebutuhan pemasaran pemilik merek di platform media sosial.
 
Dengan memanfaatkan video singkat yang menarik minat, pemilik merek dapat menciptakan konten yang berhasil menarik perhatian konsumen dan meningkatkan minat terhadap merek mereka.
 
Video singkat yang dioptimalkan secara khusus untuk kanal media sosial diyakini memiliki kekuatan untuk menyampaikan pesan yang padat dan efektif, memancing rasa ingin tahu konsumen, dan mendorong interaksi yang lebih besar.
 
Melalui strategi pemasaran audiovisual, pemilik merek dapat memperkuat kesadaran merek, serta meningkatkan tingkat konversi penjualan.
 
Penggabungan antara pemahaman mendalam tentang industri ini dan pengalaman yang luas dalam menjalankan aktivitas live commerce memainkan peran penting bagi Sirclo. Hal ini memungkinkan tim Sirclo untuk menghasilkan wawasan yang berharga dan perspektif yang mendalam, yang dapat digunakan untuk memaksimalkan performa penjualan dan mencapai tujuan pemasaran bagi pemilik merek. 
 
Dalam mengakomodir permintaan layanan live commerce yang mengalami peningkatan drastis, Sirclo memperkenalkan fasilitas terbarunya, yaitu Sirclo Studio. Berlokasi di Taman Tekno, Tangerang Selatan, Sirclo Studio merupakan fasilitas inovatif yang dapat membantu pemilik merek dalam produksi live commerce streaming dan video singkat.
 
Saat ini, terdapat 8 mini studio yang dikhususkan untuk streaming dan 1 studio kolaboratif yang dapat digunakan dengan pengaturan yang lebih fleksibel, bahkan dapat diubah menjadi tata ruang yang lebih kompleks. 
 
Setelah beroperasi selama kurang lebih satu tahun, layanan live commerce Sirclo berhasil bekerja sama dengan lebih dari 50 pemilik merek terkemuka di Indonesia. Salah satu kolaborasi yang signifikan adalah dengan merek Philips untuk mengelola fitur live commerce dalam memasarkan produknya, yakni Philips E-store dan Philips Avent.
 
Sejauh ini Philips mengalami pertumbuhan secara konsisten dalam menjalankan live commerce streaming, di antaranya peningkatan traffic rata-rata per bulan hingga 6x untuk Philips Avent dan 30x bagi Philips E-store. Adapun 80% dari pengikut baru akun Philips Avent dan Philips E-store diperoleh secara organik melalui sesi live commerce.
 
"Dengan mengembangkan layanan live commerce ini, kami bertekad untuk menciptakan nilai tambah bagi pemilik merek yang kami layani sehingga mampu mendukung mereka dalam mencapai kesuksesan," tutup Danang.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan