Foto: Lazada Indonesia
Foto: Lazada Indonesia

Lazada Seller Conference 2023 Siapkan UMKM Hadapi Festival Belanja Online Akhir Tahun

Mohammad Mamduh • 31 Oktober 2023 11:32
Jakarta: Melesatnya ekonomi digital Indonesia dengan adanya kehadiran platform eCommerce sebagai katalis, telah membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melebarkan jangkauan penjual ke ranah online.
 
Riset Populix 2023 di sisi lain juga menunjukkan eCommerce (82%) menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia untuk membeli produk elektronik, kebutuhan rumah tangga, dan kesehatan dibandingkan media sosial (13%).
 
Untuk membantu UMKM menangkap peluang ini, terutama jelang festival belanja akhir tahun, Lazada Indonesia menggelar Lazada Seller Conference: Level Up 2023 yang telah digelar sejak 2019 lalu.
 
Dibuka oleh Menteri Perdagangan (Mendag), Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, Lazada Seller Conference 2023 menjadi upaya Lazada meningkatkan pengetahuan bisnis dan juga membuka wawasan para pelaku UMKM dengan tren terkini.

Acara ini  juga bertujuan untuk mempersiapkan para penjual di Lazada menghadapi festival belanja online akhir tahun, yang dikenal juga dengan istilah Festival Belanja Online 11.11 dan 12.12. 
 
Mendag Zulkifli Hasan mengapresiasi Lazada Seller Conference 2023 dalam sambutan singkat melalui video singkatnya. “Pemerintah baru saja menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 dalam rangka menciptakan persaingan usaha yang sehat dan melindungi produk UMKM."
 
"Kementerian Perdagangan akan terus bersinergi dengan industri e-commerce di Indonesia untuk menciptakan lingkungan eCommerce yang aman, nyaman, dan bermanfaat bagi semua. Selamat dan sukses atas terselenggaranya Lazada Seller Conference 2023. Semoga acara ini dapat menjadi wadah bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Mari kita majukan perdagangan yang lebih adil dan Bangga Buatan Indonesia," kata Zulkifli.
 
Selain dibuka oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, acara Lazada Seller Conference: Level Up 2023 diisi oleh berbagai pembicara dari Lazada, termasuk CEO Lazada Indonesia James Chang, CMO Lazada Indonesia Intan Ayu Kartika, serta Head of Seller Development and Sales Operations Lazada Indonesia Stefan Winata.
 
Berbagai sesi dalam acara ini juga menghadirkan Motivator & CEO Tribelio, Denny Santoso serta perwakilan jenama besar di Lazada seperti Lizzie Parra (BLP), Haykal Kamil (ZM by Zaskia Mecca), dan Jason Edward (EIGER).
 
Lazada Seller Conference 2023 kali ini dengan mengambil tema “Ada Dukungan Suksesmu di Lazada” menjadi penegasan komitmen Lazada untuk memberdayakan penjual melalui fitur dan teknologi yang dapat meningkatkan bisnis, sekaligus juga menjalin hubungan dengan penjual, dan jenama dalam semaraknya perayaan festival belanja online akhir tahun yang akan datang melalui program 11.11 dan Harbolnas 12.12.
 
James Chang dalam pidatonya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya bagi para pelaku UMKM di Lazada yang berkeinginan untuk terus belajar dan serius mengembangkan bisnisnya. James mengatakan bahwa semua dukungan yang dibutuhkan UMKM #AdadiLazada, dan Lazada akan terus membuka kesempatan bagi UMKM Indonesia untuk berkembang di dalam ekosistem Lazada.
 
Peserta yang hadir di acara ini merupakan perwakilan dari pelaku UMKM dan brand lokal Indonesia yang memang serius ingin mengembangkan bisnisnya di Lazada. Seluruh materi yang dihadirkan dikurasi dan disusun untuk memastikan kesesuaian wawasan dan informasi yang dapat langsung diimplementasikan pada bisnis mereka.
 
Stefan Winata memaparkan berbagai inovasi dan dukungan Lazada yang bisa membantu penjual di Lazada untuk fokus meningkatkan penjualannya. Dalam presentasinya, Stefan mengungkapkan inovasi Lazada dalam gamification serta penggunaan otomasi kecerdasan buatan (artificial intelligence – AI) dalam berbagai fitur diyakini bisa menarik lebih banyak pelanggan untuk berbelanja di Lazada.
 
"Kami mendorong para penjual di Lazada untuk mengoptimalkan penggunaan berbagai fitur Lazada untuk siap dalam menghadapi festival belanja akhir tahun mendatang.”
 
Untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta lebih memotivasi para UMKM yang hadir di Lazada Seller Conference, CEO ZM by Zaskia Mecca, Haykal Kamil, CMO BLP Beauty, Lizzie Parra, dan Marketing General Manager EIGER, Jason Edward hadir sebagai panelis dalam sesi bertemakan Unleashing the Power of Strategic Investment.
 
Di sesi ini, para panelis berdiskusi mengenai bagaimana mereka melakukan investasi strategis untuk pengembangan jenama mereka hingga menjadi bisnis yang besar dan sukses.
 
Denny Santoso, yang juga CEO & Founder Tribeliodalam sesi talk show berjudul “Siap Menang di Era Pasar Digital 2024!", memberikan motivasi dan strategi kepada para penjual agar mereka bisa mengembangkan mentalitas sebagai pebisnis yang tangguh dan pintar dalam mengejar peluang, tanpa terjebak dalam pola pikir yang menghambat, yang sering disebut sebagai “Chicken Mindset”.
 
"Seorang pebisnis harus berani mengambil risiko dan tidak boleh terlalu takut. Chicken Mindset, yang sering kali menghambat kesuksesan adalah sikap orang yang ingin sukses, tapi lebih banyak mengeluh dan selalu menemukan alasan untuk menunda tindakan daripada benar-benar bergerak,” kata Denny.
 
“Kami berharap acara tahunan Lazada Seller Conference ini bisa mendorong para penjual untuk terus belajar dan menggali ilmu berbisnis online sebanyak-banyaknya, baik dari eksekutif kami maupun dari para praktisi dan pebisnis sukses yang mengisi acara ini,” tutup Stefan.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan