Robot buatan ABB.
Robot buatan ABB.

Pabrik Tiongkok Pakai Robot untuk Bikin Robot

Teknologi robot
Ellavie Ichlasa Amalia • 29 Oktober 2018 14:06
Jakarta:Perusahaan robotik asal Swiss, ABB, mengungkap bahwa mereka akan mengeluarkan USD150 juta (Rp2,3 triliun) untuk membangun pabrik robot canggih di Shanghai, Tiongkok.
 
Pabrik itu akan digunakan untuk membuat robot. Mereka akan menggunakan robot satu tangan YuMi, yang pernah mereka gunakan untuk menjadi konduktor orkestra, untuk merakit komponen-komponen kecil.
 
Mereka juga berencana untuk menggunakan software SafeMove2 di pabrik itu. Disebutkan, software ini membuat robot YuMi serta robot lain bisa bekerja berdampingan dengan pekerja manusia tanpa harus khawatir akan keamanan para pekerja manusia, menurut laporan Engadget.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


ABB berkata, mereka ingin menjadikan pabrik di Shanghai sebagai pabrik robot paling canggih di dunia. Mereka bahkan akan membuat pusat riset dan pengembangan untuk mempercepat penelitian mereka terkait kecerdasan buatan.
 
Selain itu, mereka juga akan memperluas tipe dan varian robot yang mereka buat untuk perusahaan-perusahaan Tiongkok, termasuk untuk perusahaan pembuat mobil atau pembuat barang elektronik.
 
Tiongkok adalah pasar terbesar kedua bagi ABB setelah Amerika Serikat. Adanya pabrik ini akan memperkuat posisi mereka di Tiongkok. Mereka memperkirakan, pabrik sebesar 75 ribu kaki ini akan dibuka pada akhir 2020.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif