NYPD mengirimkan surat keluhan terhadap Google karena sejumlah informasi lokasi pemeriksaan di Waze.
NYPD mengirimkan surat keluhan terhadap Google karena sejumlah informasi lokasi pemeriksaan di Waze.

Kepolisian New York Beritahu Google Soal Bahaya Waze

Teknologi google
Lufthi Anggraeni • 07 Februari 2019 09:09
Jakarta: Aplikasi pemetaan dan navigasi Waze meminta penggunanya menyediakan informasi terkait dengan kecelakaan, konstruksi, jebakan kecepatan dan titik pemeriksaan. Hasilnya, pengguna Waze dapat menghindari tertangkap saat mabuk.
 
Menurut media lokal CBS di New York, Kepolisian New York (NYPD) telah mengirimkan surat kepada pemilik Waze, Google. Surat ini mengeluhkan bahwa seharusnya titik pemeriksaan tidak boleh diungkapkan di aplikasi Waze.
 
Surat ini juga menyebut bahwa individu yang mengunggah informasi terkait lokasi pemeriksaan dapat dikenakan hukuman atas dasar keterlibatan terhadap tindak kejahatan. Sebab tindakan pemberian informasi ini dinilai sebagai pelanggaran hukum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


NYPD menilai tindakan tersebut sebagai upaya sengaja mencegah dan atau melanggar administrasi dari hukum DWI, dan hukum lalu lintas dan kriminal terkait. Selain itu, Pihak NYPD juga menyebut bahwa mengunggah informasi ini mendukung kondisi berkendara tidak baik.
 
Sehingga hal ini menempatkan baik pengemudi, pengendara maupun masyarakat di sekitar lokasi dalam bahaya. Google telah memindahkan sejumlah fitur pada aplikasi Waze ke aplikasi Google Maps karyanya yang lebih mainstream.
 
Pengguna aplikasi Google Maps kini akan menerima peringatan saat berkendara di sekitar kamera pelacak kecepatan. Waktu pengiriman surat ini dinilai cukup aneh mengingat Waze telah tersedia di lokasi kamera pelacak kecepatan kendaraan dan titik pemeriksaan selama bertahun-tahun.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif