Bakti menargetkan Palapa Ring Paket TengaTimur rampung pada akhir kuartal satu 2019.
Bakti menargetkan Palapa Ring Paket TengaTimur rampung pada akhir kuartal satu 2019.

BAKTI Targetkan Palapa Ring Timur Selesai Awal 2019

Teknologi telekomunikasi
Lufthi Anggraeni • 28 Desember 2018 08:11
Jakarta: Setelah Palapa Ring paket Barat selesai dan mulai beroperasi pada bulan Maret 2018 lalu, serta mengumumkan telah menyelesaikan pembangunan Palapa Ring paket Tengah, kini pemerintah tengah menggenjot pembangunan Palapa Ring paket Timur.
 
BAKTI sebagai penyelenggara Palapa Ring menyebut dalam prosesnya, pengerjaan paket Timur mengalami sejumlah kendala. Kondisi geografis lokasi pengerjaan yang bergunung-gunung serta keamanan disebut sebagai dua kendala utama penghambat pengerjaan tersebut.
 
“Papua tuh cukup sulit, karena beberapa kali kita harus menembus gunung, harus akuisisi lahan, pakai helikopter untuk menjangkau wilayah. Kita sampai mengarahkan empat sampai enam helikopter untuk pembangunan di sana,” ujar Direktur Utama BAKTI Anang Latif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk keamanan, Anang mengaku proses pengerjaan Palapa Ring paket Timur ini sempat terhenti di beberapa wilayah, meski wilayah lain tetap berjalan. Sementara itu, Anang menargetkan Palapa Ring Paket Timur selesai pada tahun 2019.
 
Paket Timur ini ditargetkannya akan rampung pada akhir kuartal satu atau awal kuartal dua tahun 2019 mendatang, sekitar bulan Maret atau bulan April. Hingga saat ini, proses pengerjaan paket Timur, disebut Anang, telah mencapai 88,14 persen.
 
Untuk pengerjaan Palapa Ring paket Tengah yang telah selesai pada tanggal 22 Desember ini disebut Anang akan memulai proses uji coba pada awal bulan Januari mendatang. Selain itu, uji coba dengan pihak operator berlangsung selama tiga bulan.
 
Selain itu, disinggung soal tarif kepada operator, Anang menyebut baru akan mengumumkan tarif pemanfaatan jaringan kabel serat di Palapa Ring paket Tengah pada akhir proses uji coba, yaitu pada bulan Maret 2019.
 
Anang juga menyebut akan menerapkan tahapan penyerahan jaringan kepada operator yang sama dengan paket Barat, pada paket Tengah ini.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif