Targetkan Pasar Premium, Acer Rilis Laptop Edisi Infinity War Terbatas

Ellavie Ichlasa Amalia 27 April 2018 22:32 WIB
acer
Targetkan Pasar Premium, Acer Rilis Laptop Edisi Infinity War Terbatas
Peluncuran varian laptop Acer yang memiliki desain dan tampilan dari Avengers: Infinity War.
Jakarta: Bersamaan dengan tayangnya Avengers: Infinity War di Indonesia, Acer memperkenalkan tiga laptop edisi terbatas dengan tema Captain America, Iron Man dan Thanos.

President Director Acer Indonesia, Herbert Ang menjelaskan, salah satu alasan Acer meluncurkan laptop edisi khusus Infinity War ini adalah karena mereka ingin menyasar pasar laptop premium. 

"Di Indonesia, pasar yang paling besar adalah pasar laptop maisntream," kata pria yang akrab dengan panggilan Herbert ini saat ditemui di Grand Indonesia, Rabu (25/4/2018).


"Namun, itu tidak menutup peluang bagi kami untuk masuk ke segmen yang lebih premium. Salah satu caranya adalah dengan meluncurkan laptop edisi terbatas ini."

Meskipun tidak menjelaskan berapa banyak unit yang dijual, Herbert mengatakan bahwa tiga laptop edisi terbatas ini hanya tersedia dalam jumlah kurang dari seribu unit.

Dia mengatakan, selain menyasar para pecinta Marvel, Acer juga menargetkan ketiga laptop edisi terbatas ini -- Aspire 6 bertema Captain America, Swift 3 bertema Iron Man dan Nitro 5 bertema Thanos -- untuk para gamer dan orang-orang yang berkutat di dunia visual. 



"Selain dari sisi visual, produk ini mampu untuk melakukan gaming dan mengolah grafis," kata Herbert. Dia mengatakan, sebagian besar konsumen Indonesia membeli laptop dengan harga Rp5 juta, tapi itu bukan berarti tidak ada konsumen yang memerlukan produk yang lebih premium.

"Banyak sekali orang yang mampu membeli, karena itu kami juga mengeluarkan produk premium," ujarnya. 

Lebih lanjut dia menjelaskan, di Acer Indonesia, produk premium memberikan kontribusi pada total penjualan lebih dari 10 persen. Dia juga menyebutkan, meskipun pasar PC global stagnan, tapi Acer Indonesia mengalami pertumbuhan sekitar 10 persen.

Alasannya, karena Acer Indonesia melakukan perubahan internal sehingga mereka tidak hanya menjual hardware, tapi juga software dan solusi, meski dia menyebutkan, "Hardware tetap menjadi fokus kami."



Acer Aspire edisi Captain America memiliki prosesor Intel Core i5-8250U dengan kartu grafis NVIDIA GeForce MX150. Ia memiliki memori DDR4 4GB yang bisa ditambah menjadi 16GB. Sementara kapasitas penyimpanannya, ia menggunakan HDD 1GB dengan layar 15,6 inci. Laptop ini dihargai Rp11.999.000. 

Sementara Acer Swift 3 edisi Iron Man menggunakan Intel Core i5-8250U sebagai prosesor dan NVIDIA GeForce MX150 2GB GDDR5 sebagai kartu grafis. Laptop ini menggunakan SSD 256GB dan RAM 8GB.

Ia memiliki layar 14 inci dengan resolusi Full HD dan cover aluminium dengan desain Arc Reactor khas Iron Man. Laptop edisi terbatas ini dihargai Rp14.999.000.



Terakhir, Acer menawarkan Nitro 5 edisi Thanos. Acer memadankan Intel Core i5-7300HQ dengan NVIDIA GeForce GTX1050 4GB dan RAM DDR4 8GB yang bisa ditambah hingga 32GB. Laptop ini memiliki layar IPS Full HD dengan ukuran 15,6 inci. Acer menghargainya Rp16.499.000. Ketiga laptop ini sudah bisa didapatkan di Acer Official Store, situs e-commerce atau jaringan penjual Acer sejak 26 April.



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.