Ilustrasi menggunakan dua monitor dengan bezel tipis.
Ilustrasi menggunakan dua monitor dengan bezel tipis.

Selain Ponsel, Monitor Juga Ikut Tren Bezel Tipis

Teknologi viewsonic
Cahyandaru Kuncorojati • 27 Juli 2018 11:50
Jakarta: Beberapa tahun belakangan banyak tren baru yang berkembang di produk smartphone salah satunya adalah bezel tipis. Bezel atau yang bisa dimaksud bingkai layar smartphone berlomba-lomba dibuat semakin tipis oleh beragam vendor smartphone.
 
Hal ini rupanya turut berkembang ke segmen produk monitor yang juga berlomba menghadirkan ukuran layar yang semakin besar tapi ukuran bodi yang ramping. Bezel atau bingkai yang tipis tentunya akan memberikan pengalaman layar yang lebih lega bagi penggunanya.
 
Untuk produk monitor istilah ini dikenal sebagai edge-to-edge frameless yakni dengan bezel yang sangat tipis sehingga penggunanya bisa mendapatkan monitor dengan ukuran layar yang besar dan lega.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Desain edge-to-edge frameless pada monitor memungkinkan penerapan mode multi-monitor, misalnya tiga monitor sekaligus sehingga mendapatkan ukuran layar yang lebih besar lagi dengan gambar atau visual yang terasa menyambung sempurna pada tiap layar.
 
Namun, perlu diingat bahwa untuk mendukung mode ini, monitor juga harus memiliki konektivitas yang lengkap, misalnya beragam port mulai dari port HDMI, DisplayPort, dan Mini DisplayPort.
 
“Jika Anda menggunakan beberapa monitor, konsep bezel yang tipis ini akan sangat berguna," kata Inna Chiang, Business Line Manager of ViewSonic Asia Pacific kepada Medcom.id.
Selain Ponsel, Monitor Juga Ikut Tren Bezel Tipis
"Anda dapat melakukan pengaturan video wall tanpa batasan. Desain tanpa bingkai menghadirkan pengalaman menonton yang lebih cocok untuk hiburan di rumah, begitu juga ketika menggunakan aplikasi multimedia,” imbuhnya.
 
Untuk semakin menambah pengalaman yang didapatkan penggunanya, produsen monitor juga menggabungkan konsep desain edge-to-edge frameless dengan desain panel layar lengkung.
 
Tren layar lengkung pada panel monitor dinilai menjadi kunci untuk menyajikan tayangan atau visual yang luas di mata penggunanya karena visual yang dihasilkan akan menyerupai sudut pandang mata manusia.
 
Jadi penggunanya akan merasa seperti melihat langsung tampilan visual dengan mata mereka ketimbang melihatnya lewat monitor. Tentunya pengalaman ini akan berbeda ketimbang menggunakan monitor layar datar.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif