Begitu hebohnya reaksi yang ditimbulkannya, sehingga tak hanya orang dewasa yang membicarakan batu akik, tetapi juga remaja dan anak-anak. Karena itulah Joy Intermedia, Sotrender dan Brand24 bekerja sama untuk melakukan sedikit penelitian mengenai tren batu akik di dunia media sosial.
Dalam kerja sama ini, mereka melakukan survei selama 1 minggu, 10-17 Maret, untuk melihat perkembangan pembicaraan mengenai batu akik di media sosial. Dan hasil yang mereka dapatkan menunjukkan bahwa batu akik menjadi topik pembicaraan hangat yang stabil selama 1 minggu.
Pada grafik di bawah ini, Anda akan melihat jumlah perkiraan penyebutan batu akik dalam post media sosial dan berapa banyak orang yang membaca post tersebut.

Sementara pada gambar di bawah, Anda akan melihat bagaimana media-media ternama dan acara TV yang populer juga membahas mengenai batu akik.

Pada grafik di bawah, Anda dapat melihat bahwa Twitter merupakan platform di mana batu akik paling banyak dibicarakan, jauh mengalahkan Facebook yang berada di posisi keempat.

Dalam survei ini, ditemukan bahwa tiga media yang dapat menjangkau paling banyak orang adalah Metro TV melalui akun Twitter disusul dengan detik yang juga menggunakan Twitter dan Tribunnews pada posisi ketiga yang lebih memilih menggunakan Facebook.
Tiga akun Twitter yang paling aktif menyebutkan batu akik dalam post mereka adalah @infojatim, disusul dengan @info_sulsel dan @inpojabar.

Sementara situs yang paling aktif adalah Twitter dengan kaskus.co.id pada posisi kedua dan plus.google.ccom pada posisi ketiga. Pada daftar situs dengan jumlah kunjungan paling tinggi, kaskus.co.id berada di posisi pertama dengan 35M kunjungan, websta.me pada di posisi kedua dengan 25M kunjungan dan news.detik.com dengan 18M kunjungan.

Pada gambar di bawah, Anda akan melihak kata kunci yang paling populer.

Jika Anda ingin melihat gambar grafik ini dalam full resolution, Anda dapat melihatnya di sini.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News