Ilustrasi. (turnbackhoax.id)
Ilustrasi. (turnbackhoax.id)

Cek Nomor HP Disadap Pakai Kode *#21#, Hoaks Lama yang Kembali Ramai

Teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 27 Januari 2021 09:12
Jakarta: Hoaks terus berus beredar, salah satunya mungkin lewat grup WhatsApp yang ada di smartphone Anda. Terbaru, belakangan ini kembali beredar pesan berantai mengenai cara mengendek nomor HP disadap atau diretas.
 
Hoaks tersebut berisi narasi: "Kepada rekan-rekan untuk berhati-hati dari kemungkinan penyadapan nomor HP kita. Anda bisa melakukan pengecekan sekarang juga di hp anda sendiri dengan mengetik *#21# Apabila ada salah satu yg DITERUSKAN, maka bisa dipastikan Nomor anda telah disadap!!!"
 
Pesan berantai ini dipastikan adalah hoaks karena di situs turnbackhoax.id yang dikelola oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) penjelasan mengenai hoaks tersebut sudah diunggah dan diklarifikasi pada tahun 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Langkah melakukan panggilan dengan *#21# merupakan fitur call forwarding yang tersedia di semua nomor HP sebagai fitur bawaan dari operator seluler. Fitur ini menyediakan pilihan untuk mengalihkan panggilan masuk ke nomor HP Anda ke nomor lain yang diinginkan.
 
Misalnya, saat salah satu nomor HP yang aktif memiliki sinyal yang kurang bagus di lokasi tertentu maka fitur call forwarding bisa digunakan untuk mengalihkan panggilan atau telepon yang akan masuk ke nomor HP Anda satu lagi.
 
Cara di atas dilakukan dengan memasukan nomor HP lain setelah kode *#21#. Tentu saja pengguna tidak boleh sembarang memasukan nomor HP lain yang tidak dikenal dengan kode tersebut.
 
Pesan "diteruskan" atau "forwarding" sebetulnya hanya sebuah notifikasi aja bahwa fitur call forwarding di nomor HP sudah aktif. Jadi meskipun pesan berantai di atas adalah hoaks, siapapun harus tetap hati-hati dengan penyalahgunaan fitur call forwarding.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif