Pengguna layanan versi gratis YouTube Music tidak akan bisa menonton video mulai November.
Pengguna layanan versi gratis YouTube Music tidak akan bisa menonton video mulai November.

Akses Pengguna YouTube Music Gratis Bakal Lebih Terbatas

Teknologi youtube YouTube Music
Lufthi Anggraeni • 23 Oktober 2021 14:07
Jakarta: Berbeda dengan layanan streaming lain seperti Apple Music yang tidak menawarkan layanan penggunaan gratis, YouTube Music mencoba peruntungan di ranah ini dan berkompetisi dengan platform lain seperti Spotify.
 
Namun, pengguna layanan versi gratis YouTube Music dilaporkan akan kehilangan akses ke sejumlah fitur mulai bulan November mendatang. YouTube mengumumkan bahwa pelanggan layanan versi gratis tidak lagi dapat menonton video musik kecuali berlangganan ke YouTube Premium.
 
Mengutip Ubergizmo, pengguna YouTube reguler masih dapat menonton video, bahkan video musik yang diinginkan. Namun hal ini tidak dapat dilakukan pengguna layanan YouTube Music versi gratis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini artinya, YouTube Music hanya akan menawarkan pengalaman hanya mendengarkan audi, yang menjadi cara pengguna untuk menikmati layanan tersebut selama ini, sehingga perubahan tersebut dinilai tidak akan berdampak secara signifikan.
 
Menghilangkan kemampuan untuk menikmati video musik bagi pengguna layanan versi gratis justru memberikan keuntungan lain. Keuntungan tersebut termasuk mendengarkan musik di latar belakang, kombinasi pemutaran musik acak terpersonalisasi, menemukan kombinasi musik untuk berbagai aktivitas dan lainnya.
 
Perubahan ini diperkirakan akan secara efektif berlaku mulai tanggal 3 November mendatang, namun saat ini, jika pengguna mencari layanan yang memungkinkan untuk menikmati video musik saat diinginkan, mungkin perlu mempertimbangkan untuk berlangganan ke YouTube Premium, yang juga menawarkan pemutaran musik tanpa gangguan iklan.
 
Sebelumnya, YouTube memperkenalkan fitur baru bertajuk Continue Watching untuk pemutar video berbasis web karyanya. Kini pengguna dapat berhenti menonton video di perangkat iOS atau Android, dan meluncurkan YouTube.com di komputer untuk menonton kembali video tersebut.
 
Video tersebut akan ditampilkan dalam bentuk pemutar berukuran kecil di sudut kanan bawah layar. Pada dasarnya, video yang baru saja ditonton tersebut adalah video yang kini tersedia di situs, sehingga pengguna dapat melanjutkan menonton video di web dan di komputer.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif