Sebagai bagian inti dari program "Store of Tomorrow" FPG, inisiatif ini mencakup peluncuran serangkaian asisten AI agentic yang dikembangkan menggunakan Google Cloud Agent Development Kit (ADK) dan standar terbuka seperti Model Context Protocol (MCP). Pembeli dapat merasakan inovasi ini pertama kali di FairPrice Finest Punggol Digital District yang baru dibuka.
Vipul Chawla, Group Chief Executive Officer FairPrice Group, menyatakan, "Tujuan kami sederhana, yaitu membuat hidup pelanggan lebih baik setiap hari. Kolaborasi dengan Google Cloud dan peluncuran Store of Tomorrow adalah bukti komitmen ini. Berbagai alat berbasis AI baru, mulai dari asisten belanja cerdas hingga asisten kesehatan yang dipersonalisasi, dirancang untuk membuat pengalaman berbelanja lebih lancar dan mudah."
Salah satu inovasi utama adalah integrasi asisten belanja multimodal dengan Smart Cart. Fitur ini melengkapi kemampuan Smart Cart sebelumnya, seperti navigasi dalam toko dan pemindai barcode. Di FairPrice Finest Punggol Digital District dan Sengkang Grand Mall, pembeli kini dapat berinteraksi langsung dengan asisten virtual melalui tablet pada troli, menerima rekomendasi produk yang dipersonalisasi.
Pengalaman ini didukung oleh berbagai agen AI, termasuk agen percakapan multi-turn yang dibangun dengan Chirp 2 dan Gemini API, agen penelusuran inventaris menggunakan Vertex AI Search dan Gemini API, serta agen pengetahuan yang memanfaatkan Vertex AI RAG Engine dan Grounding with Google Search API.
FPG juga menguji coba Vertex AI Search for Commerce untuk menyematkan solusi khusus industri ini ke dalam Smart Cart, memastikan hasil pencarian yang lebih relevan untuk kueri dengan konteks lokal dan variasi ejaan.
Selain itu, FPG memperkenalkan spesialis AI agentic unik di dalam toko. Di apotek Unity, konsumen dapat berinteraksi dengan asisten kesehatan yang memberikan saran gaya hidup, rencana menu, dan daftar belanja berdasarkan analisis komposisi tubuh. Asisten ini didukung oleh agen data yang memanggil Tanita API dan Gemini API, serta agen pengetahuan yang berspesialisasi dalam informasi kesehatan dan gizi dari sumber terpercaya.
Pembeli anggur di FairPrice Finest Punggol Digital District juga dapat mengaktifkan sommelier wine digital FPG dengan mengetuk ponsel pada label rak elektronik NFC. Sommelier digital ini membantu pengguna menemukan wine berdasarkan preferensi, memberikan catatan rasa, rekomendasi makanan pendamping, dan perbandingan.
Untuk memberdayakan karyawan, FPG mengadopsi Google Agentspace, platform terpadu untuk membangun, mengelola, dan menggunakan agen AI dalam skala besar. Agen AI kreatif khusus, yang menggunakan model Imagen 4 dan Veo 3 dari Google Cloud, telah mengotomatiskan pembuatan iklan promosi, mengurangi waktu dan biaya hingga 10 dan 100 kali lipat.
Mark Micallef, Managing Director, Southeast Asia, Google Cloud, menekankan bahwa perluasan kolaborasi ini merupakan momen penting bagi penerapan AI agentic di sektor ritel.
"Upaya bersama kami telah menghasilkan berbagai solusi yang merupakan yang pertama di Asia Tenggara, didukung oleh kombinasi platform terbuka Google Cloud, pencarian berkualitas Google, serta model penalaran dan media generatif canggih Google yang cukup unik," ujarnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id