Chipset Qualcomm Snaodragon.
Chipset Qualcomm Snaodragon.

Smartphone Buatan Tiongkok Bocorkan Qualcomm Snapdragon 865

Teknologi teknologi hardware qualcomm
Cahyandaru Kuncorojati • 21 Oktober 2019 09:07
Jakarta: Qualcomm dijadwalkan kembali menggelar konferensi tahunan terkait inovasi terbarunya di akhir tahun. Kabarnya mereka akan mengumumkan kehadiran chipset terbaru Snapdragon 865. Kini, justru sebuah merek asal Tiongkok disebut sudah lebih dulu membocorkannya.
 
Sebuah merek gadget asal Tiongkok bernama 8488 baru saja mengumumkan produk terbarunya dengan chipset tersebut. 8488 diketahui merupakan salah satu merek smartphone serta jam tangan pintar.
 
Dikutip dari WCCF Tech, dalam pengumumkan terbaru smartphone mereka yaitu Titanium M6 disebutkan smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragin 865. Jadi sedikit terungkap mengenai kemampuan dari chipset ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Disebutkan bahwa Titanium M6 menggunakan chipset ini sehingga bisa memiliki kemampuan mendukung jaringan 5G. Seperti yang diketahui, kemampuan dukunagn jaringan biasanya berasal dari modem yang terpasang di chipset.
 
Namun, rumor sebelumnya terkait Qualcomm Snapdragon 865 sempat menyebutkan bahwa chipset ini akan hadir dalam dua varian yaitu yang medukung 5G dan tidak.
 
Merek 8488 disebutkan dalam presentasi perkenalan Titanium M6 menjadi yang pertama memperkenalkan smartphone dengan chipset terbaru Qualcomm. Meskipun begitu, tetap saja produk ini baru akan dirilis ke pasar tahun depan.
 
Artinya, Qualcomm Snapdragon 865 memang dijadwalkan tersedia tahun depan. Soal spesifikasi, smartphone Titanium M6 buatan 8488 disebutkan memiliki RAM 12GB dan memori internal 1TB. Hal mengagumkan dari chipset terbaru Qualcomm ini adalah kemampuan sensor kamera yang dibawa.
 
Titanium M6 buatan 8488 memiliki kemampuan kamera belakang 64MP yang bisa menghasilkan foto beresolusi 100MP. Teknologi AI juga masih termasuk di dalamnya.
 
Soal produksi chipset terbaru Qualcomm, manufaktur Samsung Foundry dipercayakan memproduk Snapdragon 865 dengan fabrikasi 7nm. Sementara pesaingnya yaitu Apple akan memproduksi chipset terbaru yang kemampuannya diklaim lebih tinggi dari punya Qualcomm.
 
Chipset Apple terbaru akan diproduksi oleh TSMC dengan fabrikasi 5nm. Chipset ini bisa memiliki lebih banyak transistor dibandingkan fabrikasi 7nm. Chipset terbaru Apple sendiri baru akan dihadirkan pada iPhone yang dirilis tahun 2020.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif