Balon pemancar internet Loon.
Balon pemancar internet Loon.

48 Jam Setelah Gempa, Loon Terbangkan Balon Internet di Peru

Teknologi google
Ellavie Ichlasa Amalia • 30 Mei 2019 13:17
Jakarta:Ketika gempa 8.0 SR terjadi di Peru, Loon bergerak cepat. Loon adalah anak perusahaan Alphabet -- induk Google -- yang fokus untuk menyediakan akses internet menggunakan balon yang terbang di atmosfer.
 
Dalam waktu 48 jam, Loon bisa menerbangkan balon pemancar internetnya dan menyediakan akses internet ke masyarakat yang terkena dampak gempa. Loon mengatakan, kecepatan mereka menanggapi bencana ini menunjukkan potensi dari balon pemancar internet.
 
Ini bukan kali pertama Loon menyediakan akses internet ke kawasan yang terdampak bencana alam. Pada 2017, Loon berhasil menyediakan internet ke 100 ribu orang di Puerto Rico setelah diterpa Badai Maria, lapor Engadget. Namun, ketika itu, Loon memerlukan waktu empat minggu untuk bisa menerbangkan balon-balonnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satu alasan mengapa Loon bisa jauh lebih cepat tanggap dalam menghadapi bencana di Peru adalah karena mereka telah membahas tentang kontrak komersial di Peru dengan operator telekomunikasi internasional, Telefonica.
 
Dalam satu bulan belakangan, Loon telah mulai memasang infrastruktur dan menguji balon pemancar internet di Peru. Karena infrastruktur telah tersedia, mereka bisa dengan segera meluncurkan balon untuk memancarkan internet di kawasan bencana.
 
Loon menyebutkan, ini merupakan bukti bahwa mereka bisa bergerak lebih cepat jika mereka telah melakukan persiapan sebelumya. Untuk bisa memancarkan internet via balon, diperlukan infrastruktur yang memadai. Jadi, negara yang sudah memiliki layanan Loon akan bisa menyediakan internet di kawasan bencana dengan cepat.
 
"Dengan Loon yang telah aktif di sebuah negara, seperti di Peru, kami bisa menanggapi bencana alam dalam hitungan jam dan bukannya hari atau minggu," kata Loon dalam sebuah blog. Ke depan, Loon tampaknya berharap mereka akan bisa beroperasi di lebih banyak negara.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif