Apple baru saja mengumumkan MacBook Pro 16 inci baru dengan desain keyboard baru.
Apple baru saja mengumumkan MacBook Pro 16 inci baru dengan desain keyboard baru.

Apple Umumkan MacBook Pro 16 Inci dengan Keyboard Baru

Teknologi teknologi apple gadget
Lufthi Anggraeni • 14 November 2019 09:04
Jakarta: Apple baru saja mengumumkan MacBook Pro 16 inci baru, menampilkan pembelajarannya dari kesalahan yang dilakukan di masa lalu. Belum menjadi laptop paling bertenaga karya Apple saat ini, perangkat ini mengusung mekanisme gunting di keyboard.
 
Mekanisme ini sempat menghilang dari perangkat sebelumnya, namun penggunaan keyboard ini kembali menghadirkan tombol Escape fisik. MacBook Pro ini mengusung layar Retina berukuran 16 inci dan beresolusi 3072 x 1920 piksel.
 
Masing-masing layar dikalibrasikan di pabrik dan menjanjikan kecerahan 500 nits dan cakupan warna penuh DCI-P3. Pada bagian keyboard, Magic Keyboard baru ini berbekal tombol dengan jarak satu sama lain sejauh 1mm.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apple menyebut penyempurnaan desain ini akan menyuguhkan pengalaman mengetik tanpa suara dan dengan responsif. Tombol hardware Escape juga akan membantu ergonomis sebab implementasi Touch Bar tidak menyuguhkan pengalaman menyenangkan.
 
Namun, tombol Escape menjadi satu-satunya tombol di baris atas keyboard yang kembali hadir dalam bentuk fisik, sebab tombol lainnya masih hadir dalam bentuk Touch Bar, serta dengan Touch ID di bagian akhir.
 
MacBook Pro 16 inci didukung prosesor Intel generasi kesembilan, dengan pilihan CPU enam dan delapan inti. Untuk Chip delapan core, laptop ini menjanjikan dukungan Turbo Boost dengan kecepatan hingga 5GHz.
 
Apple menyebut bahwa kecepatan yang disuguhkan Turbo Boost ini dua kali lebih cepat dari quad-core tercepat pada MacBook Pro 15 inci. Model berlayar 16 inci merupakan laptop pertama dengan dukungan CPU 7nm terbaru AMD.
 
AMD Radeon Pro 5300M dan 5500M hadir dengan RAM 4GB secara default, namun pengguna dapat meningkatkannya menjadi 8GB. GPU unggulan ini menjanjikan performa 80 persen lebih baik saat digunakan untuk edit video.
 
Selain itu, GPU ini juga menjanjikan performa 60 persen lebih baik menyoal gaming, jika dibandingkan dengan model MacBook Pro sebelumnya. Apple mengubah desain kipas guna mendapatkan aliran udara 28 persen lebih baik sehingga meningkatkan performa heatsink hingga 35 persen.
 
Solusi pendinginan baru ini dapat menangani TDP lebih tinggi dari 12W untuk mengakomodasi CPU dan GPU baru. Konfigurasi dasar MacBook Pro 16 inci dimulai dengan RAM DDR4 16GB dan ruang penyimpanan 512GB.
 
Namun, jika digunakan untuk mengedit video, kalkulasi sains, pengembangan aplikasi atau tugas dengan tuntutan tinggi lain, pengguna disarankan untuk menggunakan MacBook Pro 16 inci dengan konfigurasi lebih tinggi.
 
Versi konfigurasi lebih tinggi tersebut terdiri dari RAM berkapasitas 64GB dan ruang penyimpanan SSD berkapasitas 8TB, merupakan kapasitas ruang penyimpanan tertinggi yang mendukung laptop.
 
Namun, upgrade SSD dengan kapasitas terbesar ini akan membebankan konsumen biaya tambahan sebesar USD2.000 (Rp28,2 juta). Laptop berlayar 16 inci ini juga berbekal baterai berkapasitas 100 Wh, kapasitas terbesar yang pernah mendukung MacBook dan kapasitas baterai terbesar yang bisa diboyong konsumen ke dalam pesawat terbang.
 
Baterai tersebut diklaim Apple dapat bertahan satu jam lebih lama jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sehingga dapat bertahan selama 11 jam saat digunakan untuk menjelajahi internet.
 
Apple juga membekali laptop inni dengan charger berdaya 96W dan kabel USB-C to C sepanjang 2m. Konfigurasi dasar Apple MacBook Pro 16 inci ini dipasarkan seharga US2,400 (Rp33,8 juta), dan akan menjadi hingga USD6.100 (Rp85,9 juta) untuk konfigurasi lebih tinggi.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif