Ilustrasi: Buffer
Ilustrasi: Buffer

Tips & Trik

Cara UKM Optimalkan Mobile Engagement Saat Ramadan di Indonesia

Teknologi media sosial teknologi facebook tips dan trik teknologi
Lufthi Anggraeni • 26 Maret 2020 13:09
Jakarta: Ramadan adalah momen yang paling dinantikan sepanjang tahun. Masyarakat Muslim di seluruh Indonesia merayakan bulan suci ini dan menjalaninya dengan ritualritual budaya, sosial, maupun keagamaan.
 
Menyambut bulan Ramadan, Facebook dan Kantar melakukan survei online terhadap 951 responden di Indonesia untuk memahami bagaimana orang menjalani bulan Ramadan dan perubahan aktivitas mereka sehari-hari selama bulan ini.
 
Beberapa temuan dari Indonesia adalah sebagai berikut:
- 83% masyarakat Indonesia yang menjalani Ramadan mengatakan bahwa ponsel membantu mereka untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


- 93% responden setuju bahwa Ramadan merupakan momen untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.
 
- 89% responden juga sepakat bahwa tetap terhubung itu sangat penting agar mereka dapat menerima informasi terkini selama Ramadhan.
 
- 98% masyarakat Indonesia yang menjalani Ramadan menggunakan setidaknya satu aplikasi Facebook.
 
“Kami yakin bahwa merek dan UKM mampu menjangkau lebih banyak orang pada momen ini dengan mengoptimalkan mobile engagement untuk menyampaikan pesan dan nilai merek mereka, melalui cara yang lebih dekat dan efektif"
 
"Tetapi, kami juga menyadari bagaimana virus Corona ini telah membawa dampak bagi merek dan UKM di seluruh dunia, karena itu kami berkomitmen untuk terus membantu komunitas lokal agar tetap bertumbuh di tengah situasi ini,” kata Hilda Kitti, Head of Marketing untuk Indonesia di Facebook.
 
Di tengah situasi virus korona ini, masih ada beberapa langkah yang dapat diambil oleh merek dan UKM untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan mereka. Berikut beberapa panduan untuk membantu merek dan UKM membuat perencanaan selama masa Ramadan di dalam situasi virus Corona seperti ini:
 
1. Jadilah bagian dari interaksi selama momen Ramadan secara nyata
Hadirlah saat pelanggan Anda menghabiskan sebagian besar waktunya. 96 persen dari masyarakat Indonesia mengatakan bahwa mereka mengandalkan aplikasi-aplikasi Facebook selama Ramadan, dengan 85 persen responden mengatakan WhatsApp sebagai media sosial favorit mereka.
 
Dalam situasi seperti ini, ketika menjaga jarak (social distancing) menjadi sebuah norma baru, pemilik bisnis dan merek perlu untuk tetap terhubung dengan pelanggan diluar transaksi yang dilakukan. Menjaga komunikasi tetap berjalan dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting di tengah situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini.
 
Berdasarkan survei, 58 persen memilih Whatsapp sebagai saluran komunikasi dengan 50 persen dari mereka terbuka untuk berkomunikasi melalui Instagram, dan 41 persen terbuka untuk dijangkau melalui Facebook.
 
Dengan demikian, penting bagi bisnis untuk terlibat dalam percakapan yang bermakna dengan pelanggan mereka.
 
2. Kuasai teknik story telling di perangkat mobile
Untuk menjadi bagian yang penting dalam percakapan dengan pelanggan, perhatikan bagaimana mereka yang menjalani Ramadan, menggunakan perangkat mobile untuk terhubung, mencari hiburan, mencari sesuatu dan berbagi.
 
Inti dari story telling adalah berfokus pada tema. Survei ini menunjukkan 71 persen responden memasak makanan di rumah untuk sahur dan berbuka puasa. 52 persen mengatakan mereka menghabiskan waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga.
 
Dalam hal konsumsi, 53 persen setuju bahwa ini merupakan momen untuk membeli busana baru, sekaligus membeli hadiah untuk teman atau keluarga (46 persen). Selain itu, 67 persen responden juga mengatakan bahwa pada momen ini, mereka memberikan donasi atau sumbangan.
 
“Kuncinya adalah bahwa Ramadan merupakan momen spiritual yang sangat penting dan banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan perangkat mobile untuk mendukung ritual keagamaan mereka pada momen tersebut."
 
"Hal itu juga memiliki aspek sosial yang penting, sehingga, pemilik merek dan UKM memiliki sebuah peluang untuk membangun interaksi yang bermakna dengan pelanggan mereka melalui konten yang relevan dan menginspirasi,” jelas Hilda.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif