Penelitian Penumbra Brands menyebut radiasi iPhone 11 Pro dua kali lebih tinggi dari batas aman FCC.
Penelitian Penumbra Brands menyebut radiasi iPhone 11 Pro dua kali lebih tinggi dari batas aman FCC.

Penelitian: Level Radiasi iPhone 11 Pro Dua Kali Lebih Tinggi dari Batas Aman

Teknologi teknologi apple
Lufthi Anggraeni • 06 Februari 2020 17:21
Jakarta: Penelitian yang dilakukan oleh Penumbra Brands menemukan bahwa radiasi yang terpancar dari iPhone 11 Pro berada di level membahayakan konsumen. Secara spesifik, penelitian ini menyebut radiasi iPhone 11 Pro dua kali lebih tinggi dari batas keamanan FCC.
 
Pengujian dilakukan oleh RF Exposure Lab pada iPhone 11 Pro yang diklaim berjarak 5mm dari patung manekin. Pada pengujian ini, RF Exposure Lab mencatat paparan radiasi yang dihasilkan iPhone 11 Pro bisa lebih tinggi jika ponsel disimpan di saku pengguna.
 
Namun, BGR menilai penelitian ini merupakan bagian dari upaya Penumbra Brands dalam memasarkan sasis karyanya, bertajuk Gadget Guard. Sebab, siaran pers yang dirilis Penumbra Brand menampilkan iPhone 11 Pro tersebut dibandingkan dengan iPhone lain yang dibalut oleh sasis Gadget Guard berteknologi alara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Data perbandingan tersebut menampilkan tingkat radiasi iPhone 11 Pro tanpa balutan sasis karya Penumbra Brand jauh lebih tinggi dari iPhone dengan balutan sasis tersebut. Sementara itu, insiden serupa penelitian yang dilaporkan oleh Chicago Tribune pada tahun 2019 lalu.
 
Penelitian Chicago Tribune ini menyebut menemukan pancaran radiasi iPhone 7 berada dalam level di atas batas aman badan regulator telekomunikasi Amerika Serikat tersebut. Pemberitaan ini menarik perhatian masyarakat dan mendorong Apple untuk memberikan sejumlah iPhone kepada FFC untuk penelitian lebih lanjut.
 
Kemudian, FFC merilis laporan yang membantah tuduhan Chicago Tribune tersebut, menyebut bahwa iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 7 memancarkan radiasi jauh lebih rendah dari batas yang diterapkan FCC untuk radiasi frekuensi radio.
 
Sementara itu, Penumbra Brands menantang laporan FCC, mengklaim bahwa pengujian yang dilakukannya menggunakan iPhone yang dibelinya sendiri, sedangkan FCC melakukan pengujian dengan menggunakan iPhone pasokan dari Apple.
 
Penumbra Brands menyebut bahwa pada pengujian terbaru FCC, model iPhone XS yang tidak dipasok oleh Apple mengungkap kecacatan pada pengujian. Radiasi ponsel ini disebut Penumbra Brands 28 kali lebih tinggi dari laporan awal FCC.
 
Perbedaan ini disebut Penumbra Brands seharusnya menimbulkan peringatan untuk FCC, namun sayangnya, FCC belum memberikan komentarnya terkait hal ini. Selain itu, Penumbra Brands juga menyebut bahwa konsumen seharusnya mengembangkan kebiasaan penggunaan ponsel guna melindungi diri dari paparan radiasi tersebut.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif