Peluncuran AMD Radeon RX 5000 Series. (Toms Hardware)
Peluncuran AMD Radeon RX 5000 Series. (Toms Hardware)

AMD Ingin Tawarkan Performa Tinggi Harga Terjangkau via Radeon RX 5000 Series

Teknologi teknologi amd hardware kartu grafis vga
Cahyandaru Kuncorojati • 27 Mei 2020 16:22
Jakarta: Bagi gamer di platform PC terutama mereka yang punya impian merakit PC gaming kebutuhan komponen kartu grafis sama pentingnya seperti CPU atau prosesor yang digunakan. Komponen ini ikut menentukan kualitas grafis yang memanjakan mata di setiap game.
 
Namun, kualitas grafis tersebut kerap harus ditebus dengan harga kartu grafis yang mahal. Padahal harga yang dipasang bisa digunakan untuk membeli beberapa komponen atau aksesori PC gaming sekaligus bahkan setengah dari harga sebuah PC secara keseluruhan.
 
Tidak hanya di segmen produk prosesor, AMD mengklaim menawarkan produk dengan performa maksimal tapi ramah kantong di segmen kartu grafis, misalnya yang terbaru lewat jajaran AMD Radeon RX 5000 Series.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak AMD menjelaskan kartu grafis ini sudah menggunakan fabrikasi 7nm yang diklaim memberikan performa maksimal dengan konsumsi daya yang hemat. Jadi gamer tidak perlu melakukan upgrade di komponen PSU dengan daya yang lebih besar.
 
Baca: AMD Umumkan 3 Varian Kartu Grafis Radeon RX 5600 Series
 
Jajaran kartu grafis AMD Radeon RX 5000 Series terdiri dari Radeon RX 5500 XT, Radeon RX 5600 Xt, dan Radeon RX 5700 serta RX 5700 XT di varian tertinggi. Meskipun Radeon RX 5500 XT berada di seri terbawah tapi performanya tetap mumpuni.
 
AMD Radeon RX 5500 XT diklaim bisa mendukung game di resolusi Full HD 1080p dengan rata-rata frame rate atau fps tinggi. Lebih tinggi lagi, AMD Radeon RX 5600 XT mendukung resolusi 1440p sehingga cocok untuk PC kelas mid-end dengan konsumsi daya rendah.
 
Para antusias bisa mengandalkan AMD Radeon RX 5700 dan RX 5700 XT. Seri non-XT punya performa yang bersaing dengan kompetitornya NVIDIA GeForce RTX 2060 dengan performanya masih 20 persen lebih kencang serta mendukung kualitas grafis game rata kanan alias Ultra.
 
Ada beberapa fitur yang dimiliki di semua kartu grafis AMD Radeon RX 5000 Series. Radeon Boost memberikan peningkatan performa yang dinamis sesuai kebutuhan game dan meminimalisir efek lag. Efek di tampilan monitor juga terhindar berkat dukungan Radeon Anti-Lag jadi pengguna monitor bias atau non-gaminf tetap bisa terpuaskan.
 
Fitur lainnya adalah Radeon Image Sharpening yang menjaga tampilan grafis selalu tajam meskipun menggunakan monitor resolusi tinggi. Jadi meskipun kualitas grafis diatur di tingkat resolusi rendah maka kualitasnya akan tetap terlihat realistis.
 
Fitur terakhir adalah AMD Fidelity FX yang menawarkan Contrast Adaptive Sharpening. Semua area grafis atau tampilan yang hadir dengan tingkat kontras rendah akan terlihat tetap detil.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif