Sapphire Pamer Kartu Grafis RX Vega 64 dan 56 Nitro+

Riandanu Madi Utomo 16 Desember 2017 16:31 WIB
sapphire
Sapphire Pamer Kartu Grafis RX Vega 64 dan 56 Nitro+
Sapphire kenalkan RX Vega 64 Nitro+ dan RX Vega56 Nitro+
Jakarta: Produsen kartu grafis Sapphire baru saja mengumumkan kartu grafis baru yaitu RX Vega 64 Nitro+ dan RX Vega56 Nitro+.

Sesuai namanya, keduanya memang mengusung GPU AMD Radeon terbaru, yaitu Vega yang ditujukan untuk pengguna kelas atas. Berbeda dengan versi reference, dua kartu grafis ini diklaim mampu menghadirkan performa, pendinginan, dan tingkat kebisingan yang lebih baik.



Menurut TechPowerUp Sapphire RX Vega 64 Nitro+ dan RX Vega56 Nitro+ bakal tampil dengan sistem pendinginan yang sangat besar. Keduanya hadir dengan tiga kipas dan hadir dengan bodi yang tebal hingga memakan 2,5 ruang slot PCIe di PC.

Dengan bodi yang sangat besar tersebut kedua kartu grafis ini tentu akan memiliki ruang pendinginan yang lebih luas. Artinya, pendinginan bisa berjalan lebih baik.



Yang mengejutkan adalah Sapphire RX Vega 64 Nitro+ dan RX Vega56 Nitro+ kartu grafis ini menggunakan tiga konektor power 8-pin sehingga bisa disimpulkan keduanya juga sangat boros daya.

Meski demikian, Sapphire menghadirkan kompensasi berupa peningkatan performa. Dua kartu grafis ini diklaim memiliki base clock 12 hingga 14 persen lebih kencang dari versi reference-nya.



Fitur menarik lainnya adalah Sapphire RX Vega 64 Nitro+ dan RX Vega56 Nitro+ juga memiliki sistem dual BIOS. Artinya, Anda bisa melakukan modifikasi dari salah satu BIOS untuk meningkatkan performanya.

Jika gagal, Anda bisa langsung beralih ke BIOS kedua sehingga kartu grafis ini masih bisa digunakan. Namun Anda juga memerlukan casing khusus dengan penyangga kartu grafis karena Sapphire RX Vega 64 Nitro+ dan RX Vega56 Nitro+ memiliki bobot 1,6Kg.



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.