Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bos Razer: Harga Laptop Gaming Bakal Makin Mahal

Teknologi games razer hardware laptop
Cahyandaru Kuncorojati • 08 Desember 2021 07:11
Jakarta: Gamer yang bermain di platform PC seperti laptop gaming diprediksi bakal segera merasakan kondisi yang sama dengan mereka yang ingin merakit PC gaming. Hal ini disebabkan harga laptop gaming diprediksi bakal makin mahal.
 
Kabar ini datang langsung dari pendiri sekaligus CEO Razer, Min Liang Tan yang mengklaim dirinya baru saja menggelar rapat internal mengenai produk laptop yang akan dirilis tahun depan. Hal tersebut disampaikan lewat unggahan akun Twitter resmi miliknya.
 
“Baru saja melakukan rapat panjang mengulas daftar laptop gaming kami yang akan dirilis tahun depan, kelihatannya akan ada kenaikan harga komponen dan lainnya yang signifikan dan kita bakal menjumpai kenaikan harga laptop gaming generasi terbaru, termasuk Razer,” tulis Tan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apabila hal ini terjadi pada Razer maka bisa diprediksi bahwa kondisi serupa juga akan terjadi pada merek lain. Saat ini sejumlah laptop Razer yang ada di pasar sendiri sudah dibanderol pada harga yang cukup mahal.
 
Penyebabnya diprediksi adalah kelangkaan semikonduktor yang berimbas ke suplai dan produksi prosesor (CPU) dan kartu grafis (GPU). Jadi masalah ini bukan hal baru namun cukup serius melihat sebagian gamer melihat laptop gaming sebagai alternatif untuk memperoleh perangkat dengan spesifikasi baru atau lebih tinggi dari PC desktop.
 
Tentu saja kabar dari CEO Razer sebetulnya bukan hal yang baru. Beberapa waktu lalu TSMC yang dikenal sebagai produsen prosesor dan GPU untuk Nvidia, Apple, AMD, dan kabarnya Intel dikabarkan akan memaksa kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan pasar yang bakal masih mengalami kelangkaan hingga tahun depan.
 
Mengapa harga laptop gaming selalu lebih mahal dari PC desktop? Hal ini disebabkan proses produksi yang menuntut produsen untuk memodifikasi komponen sehingga bisa menyediakan performa atau spesifikasi tinggi ke dalam perangkat yang ringkas untuk dibawa kapan saja dan digunakan di mana saja.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif