Hingga 1 Desember 2025, Telkomsel mengklaim 76,5 persen layanan seluler atau 5.851 dari 7.640 site, serta 79,7 persen layanan IndiHome atau 422.551 dari 530.502 line telah kembali normal.
Upaya pemulihan dilakukan secara bertahap melalui mobilisasi 346 personel teknis, penempatan genset tambahan, pengalihan rute backbone dan transmisi, penggunaan perangkat alternatif, serta penggelaran BTS mobile di sejumlah lokasi prioritas.
Langkah ini juga didukung koordinasi intensif dengan Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi), pemerintah daerah, PLN, dan aparat penanggulangan bencana setempat.
Fokus utama pemulihan dimulai dari area pengungsian dan titik kritikal yang menjadi pusat komunikasi masyarakat. Sejauh ini, Telkomsel mencatat capaian per provinsi sebagai berikut:
-Aceh: 36 persen site Telkomsel dan 41,2 persen line IndiHome telah pulih
-Sumatera Utara: 90 persen site Telkomsel dan 93,3 persen line IndiHome kembali beroperasi
-Sumatera Barat: 94 persen site Telkomsel dan 93,3 persen line IndiHome telah normal
Paket Siaga Peduli Sumatera
Sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat terdampak, Telkomsel menghadirkan Paket Siaga Peduli Sumatera yang dapat diakses gratis melalui UMB 88820#. Paket ini berlaku bagi pengguna SIMPATI, by.U, maupun Halo, dan hanya dapat diaktifkan satu kali di wilayah terdampak. Pelanggan dapat memilih salah satu opsi berikut:-3 GB paket data selama 7 hari, atau
-300 menit telepon dan 1.000 SMS ke semua operator selama 7 hari.
Selain itu, Telkomsel juga membuka lebih dari 100 Posko Layanan Pelanggan Tanggap Bencana di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.
Posko tersebut menyediakan layanan telepon dan SMS gratis, penggantian kartu dan perangkat modem ONT/STB IndiHome, perpanjangan masa aktif, serta penyesuaian paket data dan tagihan pelanggan. Di sejumlah titik, perusahaan juga menyediakan layanan Telkomsel Orbit dan IndiHome 3P bagi petugas Basarnas di lapangan.
Dukungan Pemerintah dan Kolaborasi
Menteri Komunikasi dan Digital RI Meutya Hafid mengapresiasi langkah cepat Telkomsel dalam menjaga ketersediaan layanan komunikasi di tengah kondisi darurat.“Kemkomdigi mengapresiasi langkah cepat Telkomsel dan seluruh pihak dalam memastikan layanan komunikasi tetap tersedia di tengah kondisi darurat,” ujar Meutya.
Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel Nugroho menyampaikan komitmen perusahaan untuk terus hadir membantu masyarakat.
“Telkomsel menyampaikan empati dan keprihatinan mendalam atas musibah yang menimpa saudara kita di Sumatera. Kami berkomitmen hadir di setiap situasi, memastikan layanan komunikasi tetap tersedia dan membantu masyarakat terdampak,” kata Nugroho.
Bersama Telkom Group, Telkomsel turut menyalurkan berbagai dukungan tanggap darurat. Di antaranya melalui pendirian Posko Tanggap Darurat di Medan, Binjai, Padang Sidempuan, Aceh, Bukittinggi, dan Padang, serta penyediaan 8 titik WiFi gratis bagi masyarakat.
Bantuan lain meliputi dapur umum, pengiriman logistik sembako dan material perbaikan melalui jalur laut dan udara, serta instalasi 120 unit satelit segmen komersial dan CSR dari Telkomsat, termasuk Starlink Business Service, VSAT Star, dan Internet Merah Putih.
Telkomsel mengimbau pelanggan di wilayah terdampak untuk memanfaatkan Paket Siaga Peduli Sumatera melalui UMB 88820#, serta dapat menghubungi Call Center 24/7 bebas pulsa di 0800-111-9000 untuk informasi lebih lanjut.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News