Facebook mungkin harus diawasi selama 20 tahun oleh FTC. (AFP PHOTO / JOEL SAGET)
Facebook mungkin harus diawasi selama 20 tahun oleh FTC. (AFP PHOTO / JOEL SAGET)

Facebook Mungkin Bakal Diawasi Pemerintah AS Selama 20 Tahun

Teknologi media sosial facebook
Ellavie Ichlasa Amalia • 15 Mei 2019 08:27
Jakarta:Facebook mungkin harus rela diawasi oleh pemerintah Amerika Serikat terkait praktek privasi selama 20 tahun.
 
Komisi Dagang Federal (FTC) tengah melakukan investigasi untuk menentukan apakah Facebook telah melanggar perjanjian yang mereka buat dengan pemerintah pada 2011.
 
Dalam perjanjian itu, mereka berjanji untuk menjaga agar data pengguna mereka aman. Facebook menyebutkan, mereka tidak melanggar perjanjian itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut perjanjian itu, Facebook setuju untuk mendapatkan izin dari pengguna sebelum membagikan data mereka dengan pihak ketiga. Selain itu, mereka juga harus memastikan bahwa pihak ketiga melakukan audit setiap dua tahun selama 20 tahun untuk memastikan program itu efektif.
 
Badan pengawas itu mulai menyelidiki Facebook setelah skandal Cambridge Analytica mencuat. Perusahaan konsultasi politik asal Inggris, Cambridge Analytica diketahui telah mengumpulkan informasi dari 87 juta pengguna tanpa izin mereka, lapor CNET.
 
Facebook dan FTC dikabarkan telah berdiskusi selama bertahun-tahun untuk membahas penyelidikan ini. Bulan lalu, Facebook berkata bahwa mereka telah menyiapkan USD3 miliar sebagai persiapan atas potensi denda yang mungkin mereka dapatkan setelah penyelidikan berakhir.
 
Jumlah denda yang akan FTC kenakan belum ditentukan. Namun, Facebook berkata bahwa denda itu bisa mencapai USD5 miliar. Ini akan menjadi denda terbesar yang pernah dikenakan pada perusahaan teknologi asal Amerika Serikat.
 
Sebelum ini, denda terbesar yang pernah FTC kenakan pada perusahaan teknologi karena melanggar regulasi terkait privasi adalah ketika mereka mengenakan denda sebesar USD22,5 juta pada Google pada 2012.
 
Keputusan dari penyelidikan mungkin akan diumumkan dalam waktu satu bulan ke depan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif