CEO Google Sundar Pichai. (Photo by Josh Edelson  / AFP)
CEO Google Sundar Pichai. (Photo by Josh Edelson / AFP)

Jadi Penguasa Pasar, Google Diselidiki di India

Teknologi google
Ellavie Ichlasa Amalia • 13 Mei 2019 16:57
Jakarta:Lebih dari 95 persen smartphone yang diluncurkan di India menggunakan Android sebagai sistem operasi, menurut perkiraan industri.
 
Sekarang, badan pengawas anti-monopoli di sana merasa, mereka harus menyelidiki apakah Google menyalahgunakan posisi mereka sebagai penguasa pasar sistem operasi mobile untuk menekan para pesaing lokal.
 
Komisi Kompetisi India (CCI), badan anti-monopoli di India, mulai menyelidiki bisnis Android Google pada tahun lalu setelah mereka mendapatkan protes dari pihak yang tak disebutkan namanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bulan lalu, regulator itu menemukan bahwa Google telah menyalahgunakan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam penyelidikan awal. Karena itu, mereka hendak melakukan investigasi menyeluruh.
 
Kepada TechCrunch, juru bicara Google berkata bahwa mereka siap untuk bekerja sama dengan CCI. "Android telah memungkinkan jutaan India untuk terhubung ke internet dengan membuat perangkat mobile memiliki harga terjangkau."
 
"Kami tidak sabar untuk bekerja sama dengan Komisi Kompetisi India untuk menunjukkan bagaimana Android justru mendorong kompetisi dan inovasi."
 
Penyelidikan ini akan memakan waktu satu tahun. Para eksekutif Google mungkin akan dipanggil untuk menghadap regulator itu. CCI menolak untuk berkomentar tentang hal ini.
 
Jika Google dinyatakan bersalah, mereka bisa dikenakan denda hingga 10 persen dari total pendapatan lokal atau 300 persen dari keuntungan bersih mereka.
 
India memang merupakan salah satu pasar terbesar untuk Google dalam waktu beberapa tahun belakangan. Namun, perusahaan internet itu tidak mendapatkan untung banyak dari negara itu.
 
Dalam satu tahun, hingga Maret 2018, Google hanya mendapatkan USD1,4 miliar (Rp20 triliun) di India. Jika dibandingkan dengan USD100 miliar (Rp1.440 triliun) yang mereka dapatkan secara global, angka itu sangat kecil.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif