Rudiantara Bawa Digitalisasi Masjid di Rakernas DMI

Mohammad Mamduh 25 November 2018 07:52 WIB
kominfoteknologi
Rudiantara Bawa Digitalisasi Masjid di Rakernas DMI
?Rudiantara Bawa Digitalisasi Masjid di Rakernas DMI
Jakarta: Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I DMI pada 23-25 November 2018, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Kegiatan ini mengangkat tema 'Penguatan Implementasi Program DMI untuk Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid'. Acara yang sedang berlangsung selama tiga hari ini, dibuka oleh Wakil Presiden RI, HM Muhammad Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PP DMI.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara, yang juga Ketua PP DMI, menyampaikan beberapa hal yang menarik, seperti Program Akustik Masjid, Aplikasi Dewan Masjid, Masjid Berinovasi-Indonesia Berinovasi, Arsitektur Masjid, dan rehabilitasi masjid korban gempa/ tsunami Sulteng NTB.


Hal yang menarik terkait Digitalisasi Masjid adalah implementasi aplikasi Dewan Masjid. Salah satu contoh yang sudah ada yaitu Kabupaten Bone Sulawesi Selatan yang menerapkan Dai online, memanggil Dai dari aplikasi Dewan Masjid.

Ia meminta kepada seluruh pimpinan wilayah maupun daerah, sesuai arahan Ketum DMI, untuk terus mengumpulkan data masjid dan data dai ke aplikasi Dewan Masjid. Bakal ada reward khusus 2019 dari DMI untuk Pengurus Wilayah, Pengurus/Remaja Masjid, dan juga untuk dai itu sendiri.

“Inilah konsep bagaimana kita memakmurkan dan dimakmurkan masjid untuk masyarakat dan lingkungan,” kata Rudiantara.

Selain itu, untuk mendukung akselerasi Digitalisasi Masjid melalui aplikasi Dewan Masjid, DMI juga menggelar Program Masjid Berinovasi-Indonesia Berinovasi.

Bersama anak-anak muda PRIMA DMI di seluruh Indonesia, diharapkan 800.000 data masjid akan terkumpul dalam waktu dekat dan dapat melahirkan banyak dai nasional yang bermanfaat.

Melalui pemanfaatan aplikasi Dewan Masjid ini, juga diharapkan melahirkan banyak inovator-inovator lokal dari masjid.

“Kita juga sedang membuat program pedoman perancangan Masjid yang akan menjadi ciri khas Masjid di Indonesia, dan pedoman perancangan Masjid tahan gempa. Terlebih kita baru saja mengalami bencana di Sulteng dan NTB,” pungkas Rudiantara.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.