TCL. (Getty Images)
TCL. (Getty Images)

MWC 2020

Mantan Produsen BlackBerry Juga Mundur dari MWC 2020

Teknologi blackberry teknologi Virus Korona MWC 2020
Cahyandaru Kuncorojati • 11 Februari 2020 08:06
Jakarta: Pelaksanaan MWC (Mobile World Congress) 2020 oleh GSMA di Barcelona, Spanyol, tinggal dua minggu lagi. Namun, jumlah eksibitor atau vendor dari perusahaan perangkat seluler dan telekomunikasi yang menyatakan mundur terus bertambah.
 
Kemarin sore, Sony menyatakan mundur. Kini perusahaan yang pernah memproduksi ponsel BlackBerry yaitu TCL menyatakan mundur dari MWC 2020 meskipun tidak sepenuhnya.
 
Dikutip dari Cnet, TCL menyatakan batal menggelar konferensi pers di MWC 2020, tetapi menyebut bahwa perwakilan mereka tetap akan menghadiri acara tersebut. Hal ini diartikan bahwa sosok penting atau petinggi perusahaan tersebut mungkin tidak hadir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami ingin menjamin keamanan dari kolega, mitra, dan customer kami sebagai prioritas. Kami berencanya untuk berbagi hasil pengembangan di teknologi AI, 5G, dan vRAN. Kami menyayangkan karena tidka bisa hadir tapi kami yakin ini keputusan yang tepat," jelas TCL di situs resmi mereka.
 
Perusahaan yang berbasis di Shenzhen, Tiongkok, ini merupakan produsen ponsel merek Alcatel dan Blackberry. Kabarnya mereka akan memperkenalkan smartphone baru di MWC 2020. TCL sendiri telah melepas lisensi BlackBerry.
 
Dilaporkan Medcom.id di awal Februari bahwa TCL tidak lagi memiliki lisensi untuk memproduksi dan memasarkan ponsel dengan merek BlackBerry. Mereka masih menyisakan satu produk yang akan diperkenalkan yaitu BlackBerry Key 2 LE.
 
Kondisi tersebut akan membuat BlackBerry tidak memiliki perusahaan yang akan memproduksi ponsel dengan merek mereka untuk saat ini. Perusahaan BlackBerry sendiri akan kembali mengandalkan bisnis sebagai perusahaan software keamanan perangkat seluler.
 
Meskipun nama TCL mungkin asing bagi sebagian besar pengguna smartphone di dunia. Perusahaan ini merupakan salah satu OEM perangkat yang punya basis cukup besar di Tiongkok termasuk untuk perangkat elektronik rumah tangga.
 
Pernyataan dari TCL membuat GSMA sedikit meradang karena sebelumnya Sony juga menyatakan mundur. Sony masih memproduksi smartphone untuk pasar global hingga saat ini.
 
Akhir pekan lalu, GSMA sudah menyatakan bahwa mereka membuat kebijakan baru yaitu melarang pengunjung yang berasal dari kawasan Hubei, Tiongkok, atau setidaknya dua minggu sebelumnya berasal dari sana untuk hadir di MWC 2020.
 
Hubei merukana provinsi asal kota Wuhan yang menjadi titik penyebaran wabah virus Korona di Tiongkok. Sebelumnya, LG, NVIDIA, dan Ericsson juga sudah menyatakan mundur. Namun, tiga operator telekomunikasi besar asal Korea Selatan tetap akan hadir.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif