Foto Selfie Terbaik Tidak Harus Pakai Smartphone Mahal
Ilustrasi. (Videoblocks)
Jakarta: Satu tren yang berkembang pesat sejak kehadiran kamera depan pada smartphone adalah tren selfie atau swafoto yang mendorong produsen berfokus meningkatkan kualitas kamera depan. Ini bahkan menjadi sebuah pasar sendiri bagi industri smartphone.

Di Indonesia tren selfie terbukti sangat diminati, sehingga beberapa vendor dengan menyiapkan khusus lineup produk smartphone yang menjajakan kualitas kamera depannya, misalnya, Xiaomi, Vivo, dan banyak lagi persis seluruh vendor smartphone.

Ditambah dengan kehadiran beragam media sosial membuat kegiatan selfie semakin gencar dan mendorong keinginan pengguna untuk terus mencari smartphone yang memiliki kualitas kamera depan terbaik sehingga dapat menghasilkan foto selfie.


Namun, banyak orang beranggapan bahwa kualitas foto selfie yang bagus semata ditentukan hanya oleh angka mengapixel kamera depan yang disebutkan oleh vendor padahal banyak aspek yang menunjangnya.

Megapixel hanya ukuran sebuah resolusi foto. Semakin besar megapixel maka resolusi foto semakin besar, berimbas pada gambar yang besar ukurannya. Apabila dilihat lebih detil dengan cara diperbesar, kualitas ketajamannya belum tentu sepadan.

Jangan heran apabila Anda pernah menemukan hasil foto selfie yang kurang bagus kualitasnya, meskipun angka resolusi kamera depan yang ditawarkan cukup besar. Ada beberapa aspek  penting dibalik kualitas foto kamera depan smartphone yang baik.



Sensor, semakin besar ukuran sensor maka semakin baik sebuah kamera untuk menangkap intensitas cahaya dan kontras warna sehingga menhasilkan gambar dengan warna yang kuat dan kaya.

Lensa juga tidak kalah penting. Teknologi lensa yang diadopsi juga bersinergi dengan kemampuan sensornya. Bahkan, lapisan terluar lensa juga sangat penting untuk menghindari goresan karena smartphone ditaruh di kantong atau posisi wajah yang terdapat kamera depan menghadap ke bagian bawah saat ditaruh.

Kamera depan juga patut dilengkapi LED flash yang tidak hanya hadir untuk memberikan pencahayaan yang cukup saat selfie, tapi juga teknologi yang mengoptimalkan cahaya tersebut agar tidak hanya terang tapi membuat warna hasil foto selfie akurat dan bagus.

Terakhir yang juga mengoptimalkan seluruh aspek tadi adalah prosesor dan software yang dimilikinya harus yang terkini sehingga tidak hanya menunjang performa dapur pacunya juga kemampuan kameranya.

Anda mungkin berpikir bahwa smartphone selfie dengan seluruh kelengkapan aspek yang Medcom.id sebutkan di atas pasti dibanderol mahal. Kenyataannya smartphone Rp 2juta saja sudah mampu menyajikannya semuanya, misalnya Xiaomi Redmi S2.

Smartphone dengan layar lega 5,6 inci resolusi HD+ dengan rasio 18: ini hadir membawa kamera belakang  ganda 12MP+5MP dan kamera depan 16MP. Dapur pacunya dibekali Qualcomm Snapdragon 625 didukung RAM 3GB dan memori internal 32GB.



Untuk smartphone di harga Rp2 juta tentu saja resolusi kamera depan Xiaomi Redmi S2 sudah sangat besar dan berdasarkan pengalaman kami, kualitas fotonya tidak kalah dengan smartphone yang mengklaim memiliki resolusi kamera depan lebih besar sehingga foto sefie lebih bagus.

Berdasarkan pengalaman Medcom.id menjajal kamera depan Xiaomi Redmi S2 dan membandingkan kamera depan porduk kompetitor yang memiliki resolusi 24MP menurut kami hasilnya tidak jauh berbeda bahkan dalam beberapa kesempatan hasil foto Xiaomi Redmi S2 cukup unggul.

Foto selfie Redmi S2 tanpa mode Beautify masih memiliki warna yang halus dan kualitas foto yang tajam sementara saat menggunakan mode Beautfy sekaligus mode Bokeh yang juga tidak kalah populer saat ini hasil foto Xiaomi Redmi S2 dapat menyajikan gambar dan warna yang halus tapi tetap natural.

Jadi Anda tidak perlu cemas apabila hasil foto selfie dengan mode Beautify terlihat palsu. Untuk kualitas mode Bokeh, kamera depan Xiaomi Redmi S2 juga harus diakui sangat rapi dan gradasinya halus antara bagian yang Bokeh dan fokus kamera.





Selain itu kamera depan Xiaomi Redmi S2 juga dilengkapi dengan sudut lebar atau wide angle sehingga mampu diandalkan untuk group selfie. Kualitas foto group selfie Xiaomi Redmi S2 juga menurut Medcom.id masih memuaskan, akurasi warna serta ketajaman fotonya sangat baik.



Medcom.id juga sempat menguji Xiaomi Redmi S2 untuk diandalkan berfoto selfie dengan kondisi di dalam ruangan. Hasilnya sangat memuaskan. Warna foto yang dihasilkan semakin kuat tapi tidak menghilangkan akurasi warnanya meskipun terpapar pencahayaan di dalam ruangan.





Beralih ke kamera belakangnya, Xiaomi Redmi S2 tetap tidak mengecewakan. Dalam perbandingan dengan hasil foto dari smartphone kompetitor, justru warna foto yang dihasilkan oleh Xiaomi Redmi S2 jauh lebih natural, tidak ke kuning-kuningan maupun kebiru-biruan.





Dari pengalaman yang Medcom.id peroleh, jelas bahwa untuk memiliki smartphone selfie maupun yang memiliki kualitas kamera depan sekaligus belakang yang bagus tidak harus dengan harga mahal. 

Alasannya, ada banyak faktor pendukung hasil foto yang bagus selain dari besar angka resolusi kamera smarttphone tersebut. Xiaomi Redmi S2 menjadi contoh bahwa smartphone dengan harga terjangkau sekalipun juga mampu menghadirkan kemampuan kamera dan hasil foto yang memuaskan termasuk dari spesifikasinya menurut Medcom.id produk ini patut dimiliki.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.