Rusia akan menangguhkan kerjasama dengan negara lain di ISS hingga sanksi untuk negaranya dicabut.
Rusia akan menangguhkan kerjasama dengan negara lain di ISS hingga sanksi untuk negaranya dicabut.

Rusia Tangguhkan Kerjasama ISS hingga Sanksi Dicabut

Lufthi Anggraeni • 04 April 2022 12:18
Jakarta: Rusia menegaskan pihaknya akan menghentikan kerjasama dengan negara lain di International Space Station hingga sanksi yang diberlakukan kepada negaranya dicabut. Informasi ini disampaikan Kepala Badan Antariksa Rusia (Roscosmos) Dmitry Rogozin via utasan di Twitter.
 
Mengutip The Verge, Rogozin menegaskan bahwa restorasi hubungan normal antara mitra di ISS dan proyek lain hanya dimungkinkan dengan pencabutan sanksi ilegal secara lengkap dan tanpa syarat.
 
Dalam versi terjemahan dari cuitannya, Rogozin menyebut pihaknya telah mengajukan banding terhadap sanksi dalam surat yang ditujukannya kepada NASA, Badan Antariksa Eropa (ESA), serta Badan Antariksa Kanada (CSA).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rogozin juga mengunggah gambar diperkirakan sebagai tanggapan dari masing-masing negara, dengan otentikasi surat yang telah dikonfirmasi oleh CSA, meski CSA menolak untuk berkomentar lebih jauh, namun hingga saat ini, belum tersedia tanggapan dari NASA maupun ESA.
 
Surat yang ditandatangani administrator NASA Bill Nelson menyebut bahwa Amerika Serikat (AS) terus mendukung kerjasama antariksa pemerintah internasional, terutama aktivitas yang terkait operasional ISS dengan Rusia, Kanada, Eropa dan Jepang.
 
Langkah pengendalian ekspor AS baru maupun yang telah ada akan dilanjutkan untuk memungkinkan kerjasama antara AS dan Rusia, guna memastikan keberlanjutan operasional ISS yang aman.
 
CSA diperkirakan memiliki tanggapan yang sama terhadap permintaan Rogozin, menyebut pihaknya dapat menjamin bahwa Kanada akan terus mendukung program ISS, dan mendedikasikan diri untuk menjaga keamanan dan keberhasilan operasi.
 
Sementara itu, Kepala ESA Josef Aschbacher memberikan tanggapannya, menyebut bahwa ia akan menyampaikan permintaan Rogozin kepada negara anggota agensi untuk pengkajian dan penilaian.
 
Rogozin mengungkap bahwa pihaknya telah mengetahui pasti soal posisi mitra mereka, yaitu bahwa sanksi tidak akan dicabut. Rogozin melanjutkan bahwa tujuan dari sanksi yang diberikan kepada negaranya adalah untuk menghancurkan ekonomi Rusia, menjerumuskan rakyatnya ke dalam keputusasaan dan kelaparan, dan membuat Rusia bertekuk lutut.
 
Selain itu, Rogozin juga menambahkan bahwa Roscosmos akan segera menentukan tanggal penangguhan keterlibatan Rusia dengan ISS, yang kemudian akan dilaporkan kepada pejabat pemerintahan Rusia.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif