Duolingo.
Duolingo.

Makin Banyak Orang Belajar Bahasa Asing di Bulan Ramadan

Teknologi teknologi startup
Cahyandaru Kuncorojati • 26 April 2022 14:14
Jakarta: Bermain game bukan jadi satu-satunya kegiatan populer selama di bulan Ramadan. Platform pembelajaran bahasa Duolingo mengklaim bahwa di momen ini juga banyak masyarakat yang memanfaatkan waktunya belajar bahasa asing.
 
Fakta tersebut berdasarkan data internal yang dirilis Duolingo. Mereka mengklaim bahwa pengguna aktif harian (DAU) Duolingo meningkat hingga 61 persen sejak awal Ramadan hingga 10 April 2022 dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.
 
Pengguna juga memanfaatkan waktu luang mereka dengan baik pada saat sahur dan jam makan siang untuk belajar. Terlihat bahwa jumlah pengguna Indonesia yang belajar pada jam 05.00pagi telah meningkat hampir tiga kali lipat selama Ramadhan hingga 10 April dibandingkan pada Maret 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengguna Indonesia dalam mempelajari bahasa melalui aplikasi Duolingo juga lebih tinggi daripada di negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand, Vietnam, dan Filipina yakni 19,5 menit.
 
Makin Banyak Orang Belajar Bahasa Asing di Bulan Ramadan
 
Di antara 41 bahasa yang ditawarkan oleh Duolingo, ada beberapa bahasa paling populer yang tumbuh di antara pengguna baru di bulan Ramadhan ini, yakni  bahasa Inggris, Korea, dan Jepang.
 
Duolingo diketahui menerapkan pendekatan unik dalam metode pembelajaran bahasa baru. Pendekatan ini menawarkan pelajaran sederhana dalam sesi-sesi kecil (bite-sized) yang lebih terasa seperti permainan daripada buku teks. Hal ini membuat belajar jauh lebih menyenangkan serta mencakup berbagai topik mulai dari keluarga, karier hingga hobi dan makanan.
 
Dahulu belajar bahasa asing merupakan hak istimewa bagi sebagian kecil masyarakat Indonesia, terutama di kota-kota besar. Sekarang perusahaan edtech telah mempermudah pembelajaran bagi siapa saja hanya dalam genggaman  tangan, kapan saja dan di mana saja.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif