Avast menyebut dua dari lima perangkat smart home rentan terhadap serangan siber.
Avast menyebut dua dari lima perangkat smart home rentan terhadap serangan siber.

Avast: 2 dari 5 Smart Home Dunia Berisiko Kena Serangan Siber

Teknologi teknologi
Lufthi Anggraeni • 04 Maret 2019 13:11
Jakarta: Avast mengumumkan hasil penelitiannya Smart Home Report 2019, menyimpulkan bahwa dua dari lima rumah dengan integrasi perangkat digital rentan terhadap serangan siber.
 
Laporan ini menyebut, dari 16 juta jaringan smart home yang ditelitinya, sebanyak 40,3 persen rumah di seluruh dunia memiliki lebih dari lima perangkat terintegrasi, dan 40,8 persen dari rumah tangga digital di dunia ini memiliki setidaknya satu perangkat yang rentan terhadap serangan siber.
 
Selain itu, laporan Avast ini menyebut meski hanya satu perangkat dengan kerentanan terhadap serangan siber, namun perangkat ini juga dapat membahayakan seluruh jaringan di rumah tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebab menurut Avast, peretas hanya memerlukan satu perangkat lemah untuk dapat masuk ke dalam jaringan, guna mengakses perangkat lain serta data personal yang dihimpun oleh perangkat yang terhubung dengan jaringan tersebut.
 
Memasang password kuat dan unik, serta menggunakan metode otentikasi dua langkah disebut Avast menjadi salah satu langkah yang dapat dilakukan pengguna untuk melindungi akses ke perangkat yang terhubung ke jaringan.
 
Sayangnya, laporan Avast ini menyebut 69,2 persen perangkat rumah cerdas di seluruh dunia menjadi rentan akibat menggunakan kredensial lemah, seperti hanya menggunakan sistem otentikasi satu faktor via password, dengan software yang tidak diperbaharui.
 
Avast juga melaporkan terdapat sebanyak 11 juta router dari seluruh dunia, dan menemukan bahwa lebih dari separuh dari router tersebut atau sebesar 59,7 persen mempunyai pengaturan keamanan yang lemah atau perangkat lunak yang rentan.
 
Tidak hanya itu, pengguna juga harus memastikan bahwa software yang mendukung perangkat serta jaringan dalam kondisi terbaru. Hal tersebut dinilai Avast akan membantu memperbaiki integritas smart home secara signifikan.
 
Sementara itu, lima perangkat paling rentan di seluruh yang dirangkum Avast pada laporan tersebut yaitu printer, perangkat jaringan sebagai titik koneksi untuk mengirim dan menerima data, kamera keamanan, NAS, serta alat streaming media.
 
Printer menjadi perangkat rentan terbanyaj di seluruh dunia, menduduki peringkat tiga teratas di negara lokasi penelitian Avast, dan menduduki peringkat pertama di Amerika Serikat, Kanada, Australia, Singapura, Korea Selatan dan Jepang.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif