Google dilaporkan akan menghentikan operasionalisasi Hangouts untuk konsumen pada tahun 2020.
Google dilaporkan akan menghentikan operasionalisasi Hangouts untuk konsumen pada tahun 2020.

Google Hentikan Hangouts pada 2020?

Teknologi google
Lufthi Anggraeni • 01 Desember 2018 08:47
Jakarta: Google dilaporkan akan menghentikan operasionalisasi aplikasi karyanya pada dua tahun mendatang. Hangouts dilaporkan akan tetap tersedia untuk pengguna bisnis, namun konsumen akan tidak lagi dapat menggunakannya setelah tahun 2020.
 
Sumber yang dikutip 9to5Google menyebut bahwa Google berencana menghentikan operasionalisasi Hangouts pada tahun 2020 mendatang. Hal ini dinilai tidak mengejutkan mengingat Google tengah mengembangkan Rich Communication Services (RCS).
 
Google berencana untuk menjadikan RCS sebagai standar layanan pesan untuk ekosistem Android. Google juga berjanji memberikan opsi layanan pesan lain sebagai pengganti Hangouts, kepada konsumen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Hangouts tetap dapat digunakan oleh pelanggan bisnis sebagai bagian dari paket G Suite, terdiri dari dua opsi yaitu Hangouts Chat dan Hangouts Meet.
 
Google telah memberikan indikasi terkait penghentian operasionalisasi Hangouts ini setelah mengumumkan fitur RCS Chat yang terintegrasi dalam aplikasi Android Messages.
 
Penghentian operasionalisasi Hangouts juga disebut selaras dengan semakin banyaknya operator yang mulai menambahkan dukungan untuk pesan RCS, sehingga layanan pesan Google ini dinilai tidak lagi relevan.
 
Sebelumnya, Google resmi mengubah merek penyedia layanan komunikasi seluler karyanya, Project Fi, menjadi Google Fi. Google juga mengumumkan jaringannya kini mendukung iPhone dan sebagian besar perangkat Android.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif