Ilustrasi.
Ilustrasi.

Netizen Mulai Menyerah Lindungi Privasi Datanya

Teknologi cyber security kaspersky
Ellavie Ichlasa Amalia • 22 April 2019 16:56
Jakarta:Internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan modern. Sebanyak 89,3 persen orang menggunakan internet beberapa kali dalam satu hari.
 
Kemudahan berbagi informasi di internet membuat masyarakat seharusnya waspada dalam membagikan informasi pribadinya.
 
Sebanyak 17 persen orang melihat adanya informasi pribadi diri sendiri atau anggota keluarga di domain publik. Sementara bagi orangtua yang memiliki anak di bawah 18 tahun, angka itu mencapai 22,3 persen, menurut survei dari Kaspersky Lab.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kaspersky melihat bahwa sebagian orang mengalami keletihan privasi, yaitu ketika mereka merasa bahwa usaha untuk menjaga privasi mereka di dunia maya adalah sia-sia. Keletihan privasi biasanya terjadi karena Anda merasa bahwa pihak ketiga selalu mengambil data pribadi Anda, tidak peduli apa yang Anda lakukan.
 
Dari survei Kaspersky, sebanyak 32,3 persen orang tidak tahu bagaimana cara untuk menjaga privasi mereka secara sepenuhnya, sementara 13 persen lainnya telah menyerah untuk menjaga privasinya.
 
Keletihan privasi ini membuat sebagian orang tidak peduli lagi data apa yang diambil oleh pihak lain. Sebanyak 19 persen orang bahkan berhenti untuk melakukan tindakan ekstra untuk menjaga keamanan data mereka, seperti membersihkan riwayat peramban secara rutin atau menambahkan add-on atau ekstensi untuk memblokir pelacak.
 
"Meningkatnya pelanggaran data, ditambah dengan kesulitan mengelola data pribadi online menyebabkan konsumen merasa kehilangan kendali dan membuat mereka lelah karena harus memikirkan privasi digital," kata Marina Titova, Head of Consumer Product Marketing, Kaspersky Lab. "Ada banyak cara bagi konsumen untuk meminimalisir bahaya itu, dimulai dengan kebersihan digital dasar."
 
Salah satu hal yang disarankan oleh Kaspersky adalah untuk memeriksa apakah data Anda diakses publik secara rutin.
 
Selain email utama, Anda juga sebaiknya memiliki email sekunder. Hal lain yang didorong oleh Kaspersky adalah menggunakan alat khusus ketika menjelajah internet atau alat untuk mendeteksi webcam dan mikrofon.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif